Evan Dimas

Gol Muhammad Hargianto dan Yabes Roni Malaifani menjadi penentu hasi; pertandingan Indonesia vs Filipina dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia AFC U19 2013 yang berakhir dengan skor 2-0. Dengan hasil ini, Garuda Jaya gagal mencongkel Korea Selatan dari pemuncak klasemen Grup G karena kalah selisih gol.

Indonesia menurunkan starting XI tanpa seorang Maldini Pali. Sementara Evan Dimas dan Zulfiandi yang pada laga melawan Laos mendapatkan kartu kuning, tetap ditempatkan di tim utama. Garuda Jaya tak mau membuang waktu. Mereka langsung menekan dan bermain dengan tempo cepat menghadapi Filipina yang dibekap Korea Selatan 4-0 di pertandingan pertama.

Indonesia vs Filipina

Pertandingan berlangsung satu sisi. Garuda Muda terus membombardir Filipina dengan serangan. Namun, penyelesaian akhir masih lemah. Keempatan Dinan Javier yang ada di depan gawang, melayang begitu saja di menit 19.

Selang enam menit, wasit menghadiahkan tendangan bebas bagi Indonesia. Tendangan Hargianto dengan cantik menghunjam ke gawang Ronilo Bayan. 1-0!

Muchlis Hadi Ning dan Hargianto sama-sama memiliki peluang di ujung babak pertama yang diblok oleh Ronilo Bayan. Sang kiper pula yang menahan laju gol Indonesia ketika menepis tembakan terarah Evan Dimas kala paruh kedua baru berjalan dua menit.

Garuda Muda terus bergerak. Zulfiandi melepaskan tembakan ke sudut gawang, tapi lagi-lagi ditahan oleh Ronilo. Selebihnya, Filipina yang bagai memasang formasi 9-1-0 bermain setengah lapangan. Memotong dan terus memotong setiap kesempatan.

Indonesia Filipina

Kehadiran Paulo Sitanggang dan Yabes Malaifani lebih menghidupakn aksi Garuda Muda. Kerjasama keduanya dituntaskan oleh Evan Dimas di menit 71. Namun, Ronilo entah berapa kali lagi menyelamatkan gawang.

Kebuntuan itu akhirnya pecah juga. Memanfaatkan umpan terobosan Paulo Sitanggang, Yabes Malaifani sukses menaklukkan Ronilo dari jarak dekat. 2-0. Tidak ada gol tercipta, dan Garuda Muda menentukan nasib mereka di laga melawan Korea Selatan dua hari lagi.

Filipina: 3-Ronilo Bayan; 5-Amani Aguinaldo, 16-Jay Bucayan, 21-Julian Clarino, 24-Keanu Alvarez, 27-Jimson Crestal; 8-Valentino Calvo, 11-Nikko Benedicto, 7-David Diamante, 17-Junel Bautista, 23-Daniel Gadia

Indonesia: 1-Ravi Murdianto; 2-Putu Gede, 4-Mahdi Fahri Albaar, 16-Hansamu Yama Pranata, 5-Muhammad Fatchu Rohman (11-Hendra Sandi Gunawan ’85); 6-Evan Dimas Darmono, 8-Muhammad Hargianto, 19-Zulfiandi (17-Paulo Sitanggang ’63); 20-Ilham Udin Armaiyn; 10-Muchlis Hadi Nung Kurniawan, 9-Dinan Yahdian Javier (31-Yabes Roni Malaifani ’69)