Scroll to Top

Steven Gerrard Dukung Rencana Pembatasan Pemain Asing di Liga Inggris

By Wan Faizal / Published on Friday, 11 Oct 2013

Gerrard Inggris

Baru-baru ini, Chairman FA, Greg Dyke, memberi satu opini tentang rencana pengurangan dan pembatasan pemain asing di Liga Inggris demi mendongkrak prestasi Timnas Inggris. Rencana tersebut ternyata mendapat dukungan dari Steven Gerrard. Kapten timnas itu bahkan memberi pujian pada Dyke yang merupakan orang baru di tubuh FA.

Premier League memang kebanjiran pemain asing. Dari musim ke musim, jumlahnya bisa terus meningkat dan itu berimbas buruk pada pemain lokal yang semakin kesulitan bersaing. Imbasnya tentu saja pada timnas.

“Kerja bagus buat Greg. Ia mencoba untuk meletakkan struktur baru untuk mengembangkan statistik dalam hal pemain asli Inggris yang lahir di liga. Kita harus memberinya waktu karena ini tidak bisa diwujudkan dalam satu malam,” jelas Gerrard.

“Saya membaca kabar yang mengatakan ia ingin membatasi pemain asing di liga kami dan saya pikir itu adalah awal yang bagus.”

Faktanya memang demikian. Tengok saja siapa para penghuni tim inti dari enam tim besar Liga Inggris musim ini. Hanya sedikit yang merupakan pemain asli Inggris. Arsenal dulunya dianggap parah dalam hal pemakaian pemain asing. Sebelum mencuatnya Jack Wilshere dan Kieran Gibbs di tim utama, mereka hanya punya Theo Walcott yang rutin mengisi starting eleven.

Kini muncul Tottenham Hotspur. Musim panas kemarin Spurs jor-joran dalam membeli pemain. Tercatat ada tujuh pemain baru yang masuk dan semuanya memang berkualitas. Sayangnya, tak ada satupun yang merupakan orang Inggris. Mereka adalah Paulinho (Brazil), Roberto Soldado (Spanyol), Nacer Chadli (Belgia), Etienne Capoue (Prancis), Erik Lamela (Argentina), Vlad Chiriches (Rumania), dan Christian Eriksen (Denmark).

Hal tersebut berimbas pada Timnas Inggris. Prestasi mereka dalam beberapa turnamen penting terakhir teramat buruk. Paling mentok hanya sampai di babak perempat final. Terburuk tentu saja pada 2008 lalu ketika mereka tak mampu lolos ke ajang Euro 2008 di Swiss dan Austria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda