Scroll to Top

CR7 dan Lionel Messi Bergabung ke Timnas Brazil?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 11 Oct 2013

Lionel Messi dan CR7 Bergabung ke Timnas Brazil? Ronaldo Ingin Hal Itu

Legenda Brazil, Ronaldo Nazario da Lima, mengeluarkan pernyataan unik tentang pemain yang bisa berganti timnas sepakbola. Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid berandai-andai jika Lionel Messi (Argentina) dan Cristiano Ronaldo (Portugal) mau mencopot seragam timnas masing-masing untuk tampil membela Selecao.

Berbicara dalam konferensi pers di Rio de Janeiro dalam rangka persiapan Piala Dunia 2014, pria yang pernah mengenakan seragam Internazionale mengatakan, “Saya berandai-andai jika Messi dan Cristiano Ronaldo ditolak oleh negara masing-masing, dan dapat berseragam Brazil.”

Bagi Ronaldo, kewarganegaraan ganda bukanlah hal baru bagi para pemain sepakbola. Ada banyak orang yang kemudian memilih untuk tampil dengan sebuah negara. Sebagai contoh, kasus Deco, yang kemudian memutuskan membela panji Portugal alih-alih Brazil.

Kontroversi ‘naturalisasi’ ini muncul dalam beberapa minggu terakhir, dengan kejadian yang menimpa Diego Costa. Bomber Atletico Madrid tersebut, siap tampil untuk timnas Spanyol. Padahal, Costa sudah tampil dalam pertandingan persahabatan membela Brazil pada Maret lalu.

Dalam aturan FIFA terbaru, seseorang memang dimungkinkan berpindah timnas, jika ia belum tampil dalam ajang kompetitif semacam kualifikasi Piala Dunia, kualifikasi kompetisi antarnegara dalam benua, dan sejenisnya. Dengan aturan ini, tidak ada yang ‘salah’ dari keinginan Diego Costa dan niatan RFEF (PSSI-nya Spanyol).

Namun, bukannya tidak ada ucapan sumbang. Pelatih Brazil saat ini, Luiz Felipe Scolari, sempat menyindir, jangan-jangan nanti ada sebuah negara yang tampil dengan seluruh pemain dalam starting XI, berasal dari proyek ‘naturalisasi’ model ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda