Scroll to Top

Wayne Rooney Sempat Ditawari Main Untuk Timnas Skotlandia

By Wan Faizal / Published on Friday, 11 Oct 2013

Rooney-FA

Wayne Rooney saat ini memang jadi striker nomor satu Timnas Inggris. Namun tahukah Anda jika dulunya striker Manchester United tersebut sempat mendapat tawaran untuk membela Timnas Skotlandia lantara neneknya adalah warga Skotlandia?

Hal tersebut diungkapkan oleh Berti Vogts yang menjadi manajer Skotlandia pada kurun 2002-2004. Saat itu, Vogts mencari pemain berbakat yang punya garis keturunan Skotlandia agar bisa membela negara tersebut.

Maka, ketika mendapat laporan bahwa Rooney bisa membela Skotlandia yang berasal dari garis keturunan neneknya, Vogts pun bergerak cepat dengan mengunjungi Rooney di Everton. Padahal saat itu usia Rooney masih 16 tahun.

“Asosiasi Sepakbola Skotlandia menemukan fakta bahwa nenek Wayne adalah orang Skotlandia. Kemudian saya terbang dari Glasgow menuju Everton untuk berbicara dengan Wayne. Saat itu ia masih bermain di bawah David Moyes dan usia Wayne kala itu masih 16 tahun,” kenang Vogts.

“Kamu bisa bermain bagi Skotlandia,” ujar Vogts pada Rooney saat itu.

Namun, apa jawaban Rooney?

“Maaf sekali bos, saya orang Inggris, saya orang Inggris,” lanjut Vogts menirukan ucapan Rooney saat itu.

Sejak saat itu, Inggris kemudian bergerak cepat untuk mengamankan jasa Rooney. Maka, tak heran jika Rooney kemudian sudah mencatat debutnya bagi Timnas Inggris pada Februari 2003 atau saat ia masih berusia 17 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda