Scroll to Top

FB Ubah Kebijakan Privasi, Pengguna Tak Bisa Sembunyi

By Ibnu Azis / Published on Friday, 11 Oct 2013

Facebook

FB memutakhirkan kebijakan privasi mereka dengan menghapus setting ‘Who can look up your Timeline by name?’. Imbasnya, pengguna tak bisa sembunyi atau kini bisa ditemukan dengan mudah bila ditelusuri namanya di Facebook.

Setting ini sejatinya adalah pengaturan lama. Bahkan Facebook telah menghapusnya sejak tahun lalu. Dengan fitur tersebut pengguna bisa mengatur apakah akunnya bisa ditemukan jika dituliskan namanya di fitur pencarian Facebook.

Misalkan saja Anda menelusuri seorang teman dekat di Facebook bernama ‘Galuh Adhi Putra’. Secara kebetulan pengguna tersebut men-setting akunnya agar tersembunyi bila diketik namanya. Alhasil sekeras apa pun Anda mencari pengguna tersebut bakal tak akan ketemu.

Sedangkan fitur ‘Who can look up your Timeline by name?’ dihadirkan Facebook kala situs tersebut masih dalam wujud yang terbatas. Di balik penghapusan fitur ini maka privasi pengguna pun terancam.

Facebook sendiri sudah mengingatkan pengguna sejak tahun lalu. Mereka sarankan agar pengguna mengontrol ketat akunnya baik itu secara profil maupun konten. Tujuannya jelas agar data dan informasi mereka tidak dengan mudah diketemukan di fitur pencarian.

Ini berarti perlindungan terhadap privasi pengguna berdasar pembatasan jangkauan audiens bukan cara pengguna mengakses Timeline. Untuk lebih amannya Facebook sarankan pengguna untuk memutakhirkan pengaturan privasi di Setting.

‘Who can look up your Timeline by name?’ sudah mulai dihapus untuk pengguna Facebook di Amerika Serikat. Fitur ini akan dihilangkan total secara global dalam beberapa pekan ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda