Scroll to Top

Militer AS Desain Baju Tempur Mirip Iron Man

By Ibnu Azis / Published on Friday, 11 Oct 2013

Iron Man

Letnan Kolonel James Rhodes di Iron Man 2 dan 3 kenakan baju tempur Iron Man yang didesain khusus Tony Stark untuk militer AS. Bisa jadi terinspirasi film tersebut, militer negeri ‘Abang Sam’ itu kini tengah mendesain ‘pakaian perang’ ala Iron Man yang bernama Tactical Assault Light Operator Suit atau TALOS.

Jika rencana ini benar terealisasi maka baju tempur berteknologi tinggi yang biasanya hanya kita lihat di film-film Hollywood adaptasi Marvel Comics bakal tak lagi khayalan semata. William McRaven, Kepala USSOCOM (Komando Operasi Khusus AS) telah meminta semua pihak untuk bekerjasama wujudkan teknologi itu.

Ia telah meminta pada perusahaan senjata, ilmuwan, pengusaha, dan kalangan akademisi untuk mendesain TALOS. Apa yang dimintanya senada dengan permintaan Komando Operasi Khusus AS untuk Teknologi atau SOCOM.

Lewat Komando Penelitian, Pengembangan, dan Rekayasa Militer AS (RDECOM), SOCOM bahkan telah ajukan proposal sejak bulan Mei lalu. Letnan Kolonel Karl Borjes, penasihat RDCOM berujar jika proyek ini merupakan usaha kombinasi.

Sersan Mayor Chris Faris dari SOCOM juga senada. Ia berpendapat jika baju tempur itu tak ada satu pun industri di dunia ini yang bisa membuatnya. Sedangkan beberapa waktu lalu, miliader Elon Musk sempat hadirkan teknologi Iron Man lewat roket terbang melayang di udara. Ia bahkan dijuluki Tony Stark di dunia nyata.

Kembali ke soal TALOS, pakaian tempur ini akan dibekali dengan perlengkapan pengecekan medis yang mampu memonitor keadaan tubuh pemakai. Ini termasuk kadar oksigen, kadar darah, luka, serta kerusakan elektromagnetik.

Soal senjata dan amunisi sayangnya tak ada informasi terkait yang bisa digali. Namun TALOS dipastikan miliki teknologi komunikasi canggih serta dilengkapi dengan sensor dan peforma kognitif. Jika sesuai rencana TALOS akan hadir pada tahun 2016 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda