Scroll to Top

Martha Mason, Wanita Ini Selama 60 Tahun Hidup dalam Tabung Besi

By Ibnu Azis / Published on Friday, 11 Oct 2013

Martha Mason 1

Martha Mason adalah sosok perempuan yang luar biasa. Bagaimana tidak, wanita asal Amerika Serikat ini telah habiskan hidupnya selama 60 tahun untuk tinggal dalam sebuah tabung besi. Bagaimana kisahnya bermula?

Apa yang bisa dipetik dari pengalaman hidup Martha Mason adalah soal semangat hidupnya yang tangguh. Ia adalah penderita polio. Sejak usia 11 tahun penyakit itu telah menggerogoti tubuhnya. Ia alami kelumpuhan.

Namun itu tak membuatnya putus asa apalagi menyerah. Perempuan asal Kota Lattimore, AS ini tetap lanjutkan hidupnya seperti biasa. Ia sekolah, kuliah, dan luus dengan nilai yang memuaskan.

Martha Mason 2

Tabung besi yang digunakan Martha Mason untuk membantu mengalirkan oksigen ke paru-parunya. Ini dilakukan agar ia tetap bisa bernafas. Sebab, paru-paru Martha Mason memang ikut lumpuh.

Selepas lulus kuliah dari Universitas Charlotte dan bergelar Sarjana Bahasa Inggris, ia kemudian menjadi seorang penulis untuk surat kabar lokal. Karena tak mampu menulis, Martha Mason mendikte kata-kata ke ibunya yang kemudian menulis apa yang ia ucapkan.

Martha Mason 3

Kini ‘wanita besi’ itu telah tiada. Martha Mason meninggal pada tahun 2009 lalu di usia 71 tahun. Dalam sebuah rekaman video menjelang kematiannya tahun itu, Martha Mason sejatinya mengetahui jika usianya tak lama lagi.

“Kedua orang tua saya akan hidup lebih lama dibanding saya. Dokter mengatakan bahwa umur saya tinggal setahun,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda