Scroll to Top

Efek Samping Serius dari Sepatu Hak Tinggi

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Oct 2013

high heels

Sepatu high heels dipandang sebagai sepatu modis buat wanita saat ini. Entah apa alasannya bisa banyak wanita menggandrungi sepatu yang menyiksa tersebut. Jika ditinjau dari efeknya, sepatu hak tinggi justru membawa masalah serius untuk pemakaianya. Rata-rata keluhan terjadi di seputar adanya rasa nyeri pada kaki.

Memang begitulah karakter sepatu ini. Para ahli kesehatan sangat tidak merekomendasikan untuk mengenakannya. Dikutip dari Times of India, sepatu yang menjulang tinggi membuat wanita akan mengalami perubahan posisi kaki ke bentuk tidak normal. Akibatnya akan berpengaruh pada fungsi kaki.

Masalah umum yang kerap terjadi adalah munculnya kapalan. Bagian tertentu dari kaki mengalami penonjolan yang berupa lapisan kulit keras (keratin). Penyebabnya yaitu bagian kulit mengalami tekanan yang kuat dan terus menerus. Bila kapalan tampak membesar maka bisa membuat malu saat dilihat orang lain.

Selain itu sepatu hak tinggi dapat membuat jari kaki mengalai capsulitis. Kondisi ini ditandai dengan peradangan pada sendi yang membuat jari-jari kaki saling menempel dan menimbulkan saraf terpit. Dimungkinkan juga pemakai high heels menderita Achilles tendonitis, yakni peregangan tambahan pada tendon Achilles yang muncul saat melepaskan sepatu dan meletakkan tumit ke lantai.

Hal serius lain yang bisa dialami pengguna high heels yaitu peradangan jaringan ikat di bawah kaki (plantar fasia). Postur tubuh juga menjadi taruhannya. Pasalnya, separtu ini menyebabkan tubuh miring untuk menyeimbangkan posisi. Walhasil postur tubuh yang kurang baik membuat tekanan pada lutut, pinggul, dan punggung bawah. Tekanan pada saraf belakang sangat kuat. Tidak heran bila lantas mengalami rasa nyeri di panggul akibat saraf terjebak. Nyeri bisa dirasakan hingga ke kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda