Scroll to Top

Sarapan Tinggi Kalori Meningkatkan Peluang Wanita untuk Hamil

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Oct 2013

sarapan

Wanita yang mengonsumsi kalori lebih banyak di pagi hari lebih mungkin memiliki peluang untuk hamil. Kabar baik ini muncul dari studi yang dilakukan oleh Sackler Faculty of Medicine di Universitas Tel Aviv dan  Institute of Biochemistry, Food Science, and Nutrition di Universitas Hebrew,  Jerusalem. Dalam studi disebutkan, makan pagi dengan kondisi hangat dapat mengatasi dampak dari sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang bisa menyebabkan kemandulan.

Dikutip dari She Knows, sebanyak 60 wanita ramping yang memiliki PCOS diminta untuk mengonsumsi 1.800 kalori per hari selama 12 minggu. Merek dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta mengonsumsi makanan berkalori tinggi tersebut di pagi hari. Sisanya diminta makan di luar waktu pagi.

Setelah tiga bulan berjalan, setangah dari wanita yang mengambil sarapan dengan kalori tinggi, rata-rata mengalami ovulasi minimal sekali. Artinya, jika wanita masih mengalami ovulasi maka masih mungkin baginya untuk hamil. Ovulasi menjadi tanda bahwa wanita masih memiliki sel telur yang dilepaskan oleh ovarium. Sel telur tersebut jika mendapat pembuahan dari sperma yang cocok, akan membentuk janin dan terjadilah kehamilan.

Bagi peneliti, studi kecil ini sangat menarik. Namun mereka tidak lantas mengatakan bahwa sarapan benar-benar positif bisa membuat kehamilan. Studi lanjutan tentang pengaruh sarapan terhadap kehamilan ini masih memerlukan studi lanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda