Scroll to Top

Atasi Depresi dengan Makanan Sehat Ini

By C Novita / Published on Saturday, 12 Oct 2013

makanan anti depresi

Tekanan hidup yang makin besar dari hari ke hari kadang membuat seseorang mudah mengalami depresi dan kecemasan yang berlebih. Persaingan di kehidupan sehari-hari menimbulkan rasa putus asa yang mendera, merasa tak memiliki tempat mengadu, dan akhirnya terpuruk sendiri.

Tentu saja hal tersebut berbahaya bila dibiarkan berlarut-larut. Memang ada beberapa obat medis yang bisa meringankan gejala depresi yang dialami oleh seseorang. Namun tentunya ada efek samping yang akan ditanggung bila terlalu banyak obat kimia dalam tubuh.

Tahukah Anda, ada beberapa jenis makanan alami yang bisa meringankan gejala depresi dan bahkan menghilangkannya. Sudah tentu dengan konsumsi jenis makanan tersebut Anda tak perlu khawatir dengan efek sampingnya.

Seperti dilansir oleh Boldsky, berikut adalah makanan yang bisa mengatasi depresi:

  • Alpukat. Alpukat memiliki kandungan potassium dan rendah sodium, sehingga dapat menurunkan tekanan darah, dan resiko stroke. Termasuk manfaat baik dari alpukat adalah mencegah depresi dan sakit jantung.
  • Asparagus. Asparagus adalah sumber yang baik untuk asam folat, yang berperan penting pada sistem syaraf dan menurunkan level stres. Ia juga kaya potassium, vit A, C dan K, niasin, dan rendah sodium.
  • Coklat. Coklat terutama yang murni sangat baik untuk mood Anda termasuk diantaranya meningkatkan suasana hati. Ia pun menurunkan tingkat depresi, menenangkan, dan menurunkan tekanan darah.
  • Bayam. Bayam adalah sumber dari asam folat yang bekerja untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Mengonsumsinya akan membuat Anda merasa lebih baik secara mental, jadi jangan lupakan sayur ini dalam menu Anda.
  • Brokoli. Sayur kaya serat dan potassium ini membantu mencegah banyak penyakit, antaranya adalah Alzheimer, diabetes dan depresi.
  • Buah bit. Buah ini juga penuh nutrisi bermanfaat seperti folat dan magnesium yang mencegah timbulnya depresi. Mengonsumsinya sebagai campuran jus buah lainnya akan membantu meningkatkan mood positif Anda.
  • Pisang. Konsumsi saja pisang bila Anda merasa sedih, dan rasakan khasiatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda