Scroll to Top

Tips Menghadapi Konflik Dengan Pasangan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Oct 2013

angry-couple

Kehidupan pasangan tidka bisa dilepaskan dari masalah. Berbagai kendala yang dialami akan membuat mental menjadi lebih dewasa. Banyak hal yang bisa memicu. Problematika pasangan enderung kompleks dan memerlukan penanganan tersendiri untuk setiap kasus. Jika Anda suatu hari merasakan konflik dengan pasangan, sebaiknya lakukan hal berikut untuk menemukan solusi bersama;

  1. Anda berdua perlu duduk bersama dan berniat mencari solusi. Jika masih kemarahan belum reda, sebaiknya tunda pembicaraan sampai kepala mendingin. Setelah itu, bicarakan baik-baik hal yang diperselisihkan dan cari tahu bagaimana mencari solusinya.
  2. Jika pertemuan Anda dan pasangan hanya memasang muka masam dan tidak ada yang berani memulai, maka Anda harus membuka percakapan. Inisiatif ini diperlukan agar tindakan saling diam tidak berakhir lagi dengan permusuhan. Selain itu, saat pembicaraan dimulai biasanya ketegangan sedikit mereda.
  3. Berikan kesempatan pada masing-masing pihak untuk mengeluarkan argumentasi. Ini untuk mengetahui berbagai masalah yang membuat perseteruan. Dengan begitu, Anda berdua dapat menyusun solusi untuk masalah yang dihadapi.
  4. Jika saat membahas masalah ternyata Anda berada di pihak yang salah, hindari untuk membela diri demi mempertahankan harga diri. Sebaliknya, Anda harus tegas mengakui kesalahan jika memang seperti itu adanya. Pembelaan diri hanya akan menambah percekcokan semakin keras.
  5. Namun apabila justru pasangan Anda yang berada dalam posisi salah, hindari ucapan yang terus akan memojokkannya. Ini bisa membuatnya makin bersalah dan tidak menyelesaikan masalah. Maafkan kesalahannya dan buka kembali kehidupan bersamanya dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda