Scroll to Top

Toyota Siapkan Teknologi Autopilot AHDA

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Oct 2013

toyota

Produk Toyota generasi selanjutnya mungkin akan tampil makin canggih. Pasalnya, Toyota sudah ancang-ancang untuk menyematkan fitur autopilot di dalamnya. Dengan memakai fitur ini, mobil dimungkinkan dapat membelok sendiri untuk mencegah terjadinya tebrakan. Selain itu, auto pilot membuat proses mengemudi menjadi stabil mengikuti jalur di depannya,  sekalipun setir tidak dipegang pengemudi.

Seperti dikutip Antara, teknologi terbaru ini masih dalam proses. Namun, Toyota memiliki target untuk selesai dan dipasarkan dalam beberapa tahun ke depan. Temuan teknologi ini menambah daftar panjang berbagai pihak yang konsen dalam keselamatan berkendara memakai “sopir otomatis”. Tercatat ada Nissan dan Google yang sudah mengutarakan niat yang serupa.

“Teknologi canggih ini dapat mencegah kesalahan manusia, mengurangi stres mengemudi, dan membantu pengemudi menghindari kecelakaan,” kata Moritaka Yoshida, direktur pelaksana Toyota.

Toyota menamai autopilot-nya dengan sebutan Automated Highway Driving Assist (AHDA). Teknologi ini memungkinkan mobil melakukan komunikasi nirkabel untuk mengecek kendaraan di sekitarnya dan melaju di jalurnya. Selain itu, AHDA juga memungkinkan mobil untuk menghindari kemacetan.

“Teknologi ini secara nirkabel mentransfer data setiap 0,1 detik,” kata Mitshuda Shida, manajer proyek.

“Mobil dengan teknologi ini tahu kapan menekan gas dan kapan mengerem berdasarkan  objek di depannya, ” tambahnya.

Sekalipun begitu, Toyota mengatakan perlunya campur tangan dari pengemudi dalam mengendarai mobil ini nantinya. Teknologi autopilot yang terkomputerisasi bukan lantas meniadakan peran pengemudi untuk urusan keselamatan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda