Scroll to Top

Wah, Danau Ini Punya Nama Terpanjang di Dunia

By C Novita / Published on Saturday, 12 Oct 2013

webster

Danau yang terletak di kota Webster, Massachusetts, AS, ini bernama Danau Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg. Ya, danau tersebut namanya terdiri atas 45 buah huruf yang berjajar tanpa spasi, bisa dikatakan sebagai danau dengan nama terpanjang di dunia.

Karena kesulitan menyebut nama danau tersebut, kebanyakan warga menyebutnya sebagai Danau Webster atau Danau Chaubunagungamaug saja. Bahkan rambu lalu lintas yang menjadi petunjuk jalan ke arah danau pun kerap mengalami salah eja nama.

Sejarawan setempat sepakat bahwa arti nama danau tersebut adalah ‘Tempat memancing di tapal batas’, yang asalnya adalah kata-kata dalam bahasa suku Indian Nicmuc.

webster

Terdiri atas 3 buah bagian, danau ini terkenal menjadi wilayah dan tempat pertemuan pusat untuk suku Indian Nicmuc. Biasanya turis dan penduduk setempat memancing, berperahu, dan berenang di danau yang cantik tersebut.

Asal usul nama danau tersebut, dilansir oleh Amusingplanet, berasal dari masa kolonial Inggris saat baru tiba di daerah tersebut. Yaitu dari perkataan orang Indian yang menyebut sebuah pabrik di desa Manchaug sebagai “Chargoggaggoggmanchoggagogg”. Itu terjadi sebelum tahun 1795.

webster lake

Kemudian tahun 1830 saat pembuatan peta baru dilakukan, nama danau tersebut bertambah lagi menjadi Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg. Yang jika diartikan menjadi “Orang Inggris di Manchaug di Tempat Mancing pada Tapal Batas”.

Pusing membaca dan mengartikan nama Danau terpanjang di dunia itu? Sebut saja dengan nama alternatifnya, Danau Webster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda