Scroll to Top

Suara Bising Pesawat Mempengaruhi Peredaran Darah

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Oct 2013

berisik

Sering berada di bandara atau di lingkungan yang bising oleh suara pesawat terbang, membawa risiko buat kesehatan. Mereka yang kerap terpapar suara ini menjadi berisiko untuk mengalami stroke, penyakit jantung, dan gangguan peredaran darah.

Penelitian akan hal tersebut telah dlakukan oleh Imperial College London. Dalam temuannya, 3,6 juta warga yang tinggal di sekitar bandara Heatrow, London, mengalami peningkatan risiko penyakit  tersebut lebih besar 10-20 persen  yang daerahnya memiliki kebisingan cukup tinggi.

Peneliti belum bisa memastikan bahwa suara bising bisa menyebabkan kesehatan memburuk. Hanya saja, suara dimungkinkan turut menyumbang sebagian risiko yang memunculkan penyakit. Salah satunya yaitu pengaruh suara yang dapat mempengaruhi tekanan darah.

“Bagaimanapun, jelas bahwa itu mungkin menyumbang, misalnya dengan meningkatkan tekanan darah karena mengganggu tidur orang,” kata Dr Anna Hansell, pemimpin studi, seperti dikutip BBC.

Studi ini meneliti kebisingan di 12 wilayah London dan 9 wilayah di luar London. Dan, hasil studi ini juga menemukan bahwa 2 persen responden atau 70 ribu orang memiliki risiko terkena stroke, penyakit jantung, dan gangguan peredaran darah. Mereka berpeluang untuk meninggal atau dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut. Rata-rata yang memiliki risiko ini tinggal di kawasan yang punya kebisingan suara pesawat sangat kuat.

Studi ini diterbitkan dalam British Medical Journal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda