Indonesia vs Korea Selatan

Skor 1-1 menjadi hasil sementara pertandingan timnas Indonesia vs Korsel dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia AFC U19 Grup G. Bermain di bawah guyuran hujan pada Sabtu, 12 Oktober 2013 di Gelora Bung Karno, Timnas U19 sempat unggul via Evan Dimas sebelum disamai oleh penalti Seol Taesu. Garuda Jaya terus membuka jalan untuk lolos ke putaran final di Myanmar 2014.

Indonesia U19 yang mengenakan kostum merah-merah, menggantung seorang Muchlis Hadi Ning di depan dan memperkuat lini tengah. Maldini Pali dan Ilhamudin Armaiyn sedikit mundur. Sementara Korea, dengan kostum putih-putih, terlihat lebih dominan di menit-menit awal.

Umpan-umpan terobosan Garuda Jaya merepotkan lini belakang Taegeuk Warriors. Namun, sayap kanan Korea Selatan, Hwang Hee Chan cukup efektif dalam mengiris sisi kiri pertahanan Indonesia yang dikawal oleh Fatchurrahman yang biasanya kerap membantu serangan. Lalu, hujan mulai membasahi lapangan sejak menit kedelapan ….

Kengototan Indonesia diimbangi dengan kecepatan Korsel. Hwang Hee Chan sudah menaklukkan Ravi Murdianto. Tapi, Sahrul Kurniawan ada di  posisi tepat untuk menghindarkan ancaman yang lebih berarti. Menit 12, Kim Shin melepaskan umpan silang yang kembali membuat jantung pendukung Garuda berdebar kencang.

Evan Dimas

Kesempatan lain adalah umpan Kim Jeong Min yang ditinju Ravi Murdianto. Namun, kedua tim gagal melanjutkan permainan cepat mereka karena kondisi lapangan yang buruk tergenang air.

Zulfiandi nyaris saja membuat Indonesia unggul. Tapi, tembakannya masih bergulir ke sisi gawang. Sementara gerak Muchlis Hadi Ning yang mengungguli Lee Tauhi tak berbuah banyak.

Evan Dimas membuat Indonesia unggul di menit 30 memanfaatkan umpan Ilham Udin Armayn. Namun gol cantik itu langsung dibalas dengan hukuman penalti akibat pelanggaran Hansamu Yama Pranata. Penalti yang dieksekusi oleh Seol Taesu meluncur mulus ke sudut gawang Ravi. 1-1.

Kesempatan emas didapatkan Muchlis Hadi Ning menyambut umpan cantik Evan Dimas. Namun, bola yang dicocornya melambung, padahal Lee Taehui sudah menyerah.

Hujan yang mengguyur tanpa henti memaksa wasit menghentikan laga di menit 42. Lapangan tak memenuhi syarat lagi untuk menggelar laga karena air yang sudah sangat mengganggu laju bola.

Indonesia: 1-Ravi Murdianto; 2-Putu Gede, 5-Muhammad Fatchurrahman, 13-Muhammad Sahrul, 16-Hansamu Yama Pranata; 6-Evan Dimas Darmono, 8-Muhammad Hargianto, 15-Maldini, 19-Zulfiandi Ilham Udin; 10-Muchlis Hadi Ning

Korea Selatan: 18-Lee Taehui; 5-Pak Mingyu, 6-Lim Seunggyeom, 7-Kim Jeongmin, 33-Hwang Kiwook; 11-Hwang Hee Chan, 13-Seol Taesu, 22-Choi Jaehun; 34-Lee Gwang Hyeok, 42-Kim Shin, 43-Sim Jehyeok