Scroll to Top

Laos vs Filipina 2-2: Indonesia Terancam Tak Lolos

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 12 Oct 2013

Laos vs Filipina

Hasil pertandingan Laos vs Filipina yang berakhir dengan skor 2-2 membuat Indonesia terancam untuk tak lolos kualifikasi Piala Asia AFC U19. Pasalnya, andai seri atau kalah dari Korsel, dalam perhitungan runner-up terbaik, kemenangan 4-0 Indonesia U19 atas Laos dihapus.

Dalam ketentuan AFC untuk memastikan tiket ke putaran final di Myanmar 2014, memang ada kesempatan bagi enam runner-up terbaik dari grup A hingga I untuk lolos. Namun, karena tidak meratanya jumlah peserta di setiap grup, maka pertandingan melawan negara terlemah (yang berada di posisi terbuncit) akan dicoret.

Saat ini, Indonesia sementara bermain imbang 1-1 dengan Korsel. Garuda Jaya kalah selisih gol dari Taegeuk Warriors yang menyebabkan mereka harus bertarung ke jatah runner-up grup terbaik.

Andai hasil seri ini bertahan, peluang Garuda Muda lolos terbuka karena ada Australia, Thailand, Yaman, Bangladesh sudah menggelar pertandingan dan mereka cuma memperoleh 3 poin, sedang Indonesia empat (dihitung dari hasil seri melawan Korea dan menang dari Filipina).

Andai kalah, keadaan akan agak rumit karena tim-tim runner-up lain juga memiliki surplus gol yang bagus, dengan mengantongi nilai 3. Seperti Australia yang surplus 3, dan Thailand yang surplus 1.

Laga Laos melawan Filipina sendiri berlangsung sengit. Azkals Muda yang pada AFF Cup September 2013 lalu dipecundangi 3-1, mencetak gol lebih dahulu via penalti Barot Calvo di menit 42.

Laos bangkit di babak kedua. Mereka membalikkan keadaan melalui Souksavanh Somsanith (’48) dan Armisay Kettavong (’75). Namun, kemenangan di depan mata buyar begitu saja ketika Daniel Reyes Garcia mencetak gol penyama kedudukan di menit 90.

Alhasil, Laos harus puas menjadi juru kunci Grup G. Sementara Filipina ada di atasnya, berkat perbedaan selisih gol. Azkals Muda mendapatkan minus 6 gol, sedangkan Laos minus 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda