Scroll to Top

Ilham Udin Armaiyn, Bukan Hanya Sebagai Pencetak Gol

By Aditya / Published on Sunday, 13 Oct 2013

ilham udin timnas indonesia u19

Ilham Udin Armaiyn memang tidak mencetak satu gol pun di sepanjang babak Kualifikasi AFC Cup U19. Namun, ia tetap saja punya peran vital di Timnas Indonesia U19. Aksi-aksinya yang menawan kerap merepotkan barisan pertahanan lawan. Belum lagi beberapa assist yang dibuatnya sehingga menciptakan peluang dan gol bagi Timnas Indonesia U19.

Andil penyerang sayap nan lincah ini di skuat Garuda Muda memang sangat dibutuhkan. Terbukti, pelatih Indra Sjafri terus memasang Ilham Udin Armaiyn di seluruh pertandingan babak Kualifikasi Grup G AFC Cup U19, baik saat menghadapi Laos, Filipina, maupun di laga pamungkas melawan Korea Selatan.

Bintang muda asal Ternate ini memang kerap tampil memukau. Penetrasinya mampu mengobrak-abrik pertahanan lawan dari sisi kiri penyerangan Timnas Indonesia U19. Liat, lincah, ngotot, dan mampu berlari kencang adalah keunggulan pemain yang gaya bermainnya disebut-sebut mirip dengan Andik Vermansyah ini.

ilham Udin Armaiyn Timnas Indonesia U19 vietnam

Tak hanya piawai membuat lawan terengah-engah, Ilham Udin Armaiyn pun beberapa kali menyumbangkan assist untuk rekannya yang tak jarang berbuah menjadi gol. Gol ketiga Evan Dimas ke gawang Korea Selatan di laga pamungkas pun berawal dari aksi brilian pemain bernomor punggung 20 setelah berhasil mengecoh beberapa pemain lawan.

Di ajang sebelumnya, yakni di AFF Cup U19 2013 beberapa waktu lalu, Ilham Udin Armaiyn mampu mengemas 4 gol. Sedangkan di babak Kualifikasi AFC Cup U19, keberuntungan tampaknya belum berpihak kepadanya. Beberapa peluang yang datang tidak berbuah menjadi gol.

Meskipun begitu, peran Ilham Udin Armaiyn sebenarnya tak hanya sekadar sebagai pencetak gol, melainkan juga sebagai pemecah konsentrasi para pemain lawan dan menjadi pemberi umpan bagi rekannya demi kemenangan Timnas Indonesia U19.

“Maaf buat pendukung Indonesia, saya belum bisa memenuhi harapan mencetak gol, mungkin belum saatnya, saya mohon doa. Kalau saya yang cetak gol ya alhamdulillah, tapi yang penting kami menang,” ucap talenta berbakat dari Maluku ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda