Scroll to Top

Tips Aman Memakai Lensa Kontak

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 13 Oct 2013

lensa kontak

Menggunakan lensa kontak adalah cara praktis untuk menggantukan kacamata minus yang mungkin membuat tidak percaya diri. Selain itu, saat ini juga banyak lensa kontak yang dibuat untuk tujuan penunjang kecantikan. Motifnya bahkan sangat banyak dan tinggal disesuaikan dengan keinginan. Namun, isu utama soal lensa kontak adalah perawatannya. Jika Anda salah satu penggunanya, ikuti tips berikut agar aman dan nyaman memakainya:

  1. Kenakan lens kontak yang belum kadaluarsa. Pastikan Anda membaca semua ketentuan yang tertera pada produk. Jika penggunaannya hanya untuk satu kali, jangan digunakan berulang kali. Termasuk, baca pula tanggal kadaluarsa lensa kontak Anda.
  2. Cuci tangan sewaktu akan memakai atau melepas lensa kontak. Tangan yang kotor memungkinkan adanya transfer bakteri atau virus dari jari ke mata. Ini bisa menimbulkan infeksi mata yang serius.
  3. Hindari membersihkan lensa kontak dengan air kran. Pasalnya, dimungkinkan air kran memiliki mikroorganisme yang bisa memengaruhi kesehatan mata saat terpapar. Anda bisa mendapatkan infeksi mata yang parah. Gunakan cairan pembersih khusus lensa kontak.
  4. Berkediplah lebih sering. Menggunakan komputer atau membaca terlalu lama biasanya mata enggan untuk berkedip. Berkedip membuat lensa kontak senantiasa basah oleh air mata dan menghindari iritasi. Jika mata terlanjur terasa kering, gunakan tetes mata yang sesuai.
  5. Pakai riasan mata yang memiliki kualitas tinggi. Jika Anda memakai riasan mata berkualitas rendah dikhawatirkan saat masuk mata menjadi lebih cepat meiritasi kala bersinggungan dengan lensa kontak. Paling aman, gunakan riasan yang bersifat herbal.
  6. Lebih baik pilih lensa kontak sekali pakai. Lensa kontak yang beberapa kali pakai dan dicuci bersama larutan khusus, bukan jaminan aman untuk kesehatan mata. Sebab, tidak butuh waktu lama bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh pada lensa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda