Scroll to Top

China Lengkapi Mobil Dinasnya dengan GPS untuk Mencegah Penyelewengan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 13 Oct 2013

gps

Barangkali cara yang dipakai China untuk menghemat anggaran dinasnya bisa diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Rencananya semua kendaraan dinas bakal dipasang dengan alat GPS. Walhasil semua kendaraan yang dipakai untuk keperluan di luar kepentingan dinas bakal ketahuan. Beberapa masalah buruknya kader dalam pemerintahan China yaitu pemborosan dan hedonisme.

Oleh komite antikorupsi di China, langkah yang akan dilakukan ini menjadi bagian untuk menghadapi gaya hidup boros yang dilakukan oleh pejabat korup. Seperti dikutip Antara, sekitar 200 ribu mobil dinas di China telah disalahgunakan untuk keperluan pribadi. Ini membuat berang pemerintah di sana. Pasalnya, negara mesti mengeluarkan biaya lebih tinggi.

Pemasangan massal GPS pada mobil dinas tersebut sebelumnya telah menjalani ujicoba. Saat dipraktikkan di Guangzhou pada 2011 lalu, negara berhasil menghemat anggaran sebesar 42 juta yuan atau setara dengan 6,87 juta dollar AS dalam satu tahun. Penghematan terjadi sebesar 5.000 yuan untuk tiap mobilnya. Wajar saja pegawai yang biasa menyelewengkan jadi enggan berbuat hal yang sama. Selain keberadaan mobil akan terpantau, setiap pemakaian kendaraan harus dibuat rincian biaya yang dikeluarkan.

Presiden China, Xi Jinping sangat tegas menghadapi masalah korupsi ini. Dia melihat korupsi ini menjadi ancaman bagi keberadaan Partai Komunis yang dipimpinnya. Pemasangan GPS menjadi solusi pencegahan terjadinya korupsi dari pemakaian mobil dinas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda