Scroll to Top

10 Penyebab Menurunnya Libido

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 13 Oct 2013

pasangan

Banyak hal yang bisa menurunkan gairah bercinta atau libido Anda. Kadangkala orang tidak menyadari jika penyebabnya sebenarnya dari sesuatu yang dianggap sepele. Padahal jika penurunan libido berlangsung cukup lama, bisa memengaruhi kualitas hubungan dengan pasangan.

Dikutip dari Genius Beauty, berikut ini 10 penyebab libido yang mungkin belum Anda ketahui:

  1. Kaki yang dingin. Ini memengaruhi libido wanita. Studi dari Universitas Groningen menemukan, 80 persen wanita mencapai orgasme saat mengenakan kaus kaki. Dan, hanya 50 persen wanita yang mengalaminya tanpa memakai kaos kaki. Kaos kaki dimungkinkan mengurangi kecemasan dan ketakutan pada wanita.
  2. Pemakaian obat antirontok atau antibotak. Obat ini mengandung zat aktif seperti finasteride dan turunannya yang dapat menurunkan jumlah testorsteron. Artinya, penggunanya harus bersiap menghadapi penurunan libido.
  3. Hidung tersumbat. Orang yang menderita anosmia (masalah untuk membau) memiliki dampak negatif dalam kehidupan intim. Contohnya penurunan gairah saat pilek atau alergi yang menyebabkan refleks bersin.
  4.  Adanya televisi di kamar. Studi di Italia menemukan, televisi yang ditempatkan di kamar tidur 50 persen membuat penghuninya jarang melakukan hubungan intim dibanding yang tidak menempatkan televisi.
  5. Perdarahan gusi. Pria yang mengalami gusi tiga kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi. Dimungkinkan hal tersebut menyebabkan sirkulasi darah yang buruk.
  6. Minuman beralkohol. Minuman ini jika terlalu sering dikonsumsi dapat mengurangi kemampuan sensitivitas kulit, sehingga bisa mengurangi efek rangsangan.
  7. Pil KB. Pil ini memang efektif dalam mengontrol kehamilan. Namun obat tersebut juga menyebabkan perubahan hormonal yang mempengaruhi libido pada wanita.
  8. Obesitas. Obesitas dapat menurunkan hormon testosteron. Sehingga, kemampuan untuk memperoleh libido berkurang.
  9. Obat hipertensi. Obat ini dapat mempengaruhi ketidakmampuan untuk terangsang. Sebaiknya pilihan obat hipertensi dari golongan angiostensin.
  10. Obat antidepresi. Obat ini mempengaruhi libido terutaa untuk golongan selective inhibitors of serotonin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda