Scroll to Top

Google Ubah Kebijakan Privasi, Foto Pengguna Bisa Nongol di Iklan

By Ibnu Azis / Published on Monday, 14 Oct 2013

Google

Google telah mengubah kebijakan privasi pengguna dengan poin-poin krusial. Imbas dari perubahan ini ialah, Google bisa gunakan data-data pengguna untuk kepentingan iklan. Bahkan, foto pengguna pun bisa nongol di iklan Google.

Jika Anda mengunjungi laman Google search dalam posisi login di akun Google, pasti melihat notifikasi kecil di bagian atas layar berwarna biru. Ya, notifikasi itu adalah pemberitahuan soal perubahan terkini kebijakan privasi mereka.

Namun seakan Google lakukan perubahan kebijakan privasi ini secara diam-diam. Pendek kata, Google tidak meminta persetujuan untuk itu. Tak ada demokrasi di sini. Pengguna dianggap setuju dengan perubahan yang akan sedang segera dimutakhirkan.

Yang jadi soal kemudian adalah, data-data ini akan digunakan untuk tujuan komersil. Terlebih data tersebut adalah foto, komentar, follower, dan sejumlah data lain di Google Plus. Jangan heran suatu saat melihat foto Anda tertampil di sebuah iklan Google.

Google berdalih jika mereka menggunakan data-data pengguna di atas usia 18 tahun. Untuk data pengguna di bawah umur, Google anggap belum miliki syarat untuk dikalkulasikan dalam sebuah penilaian produk online.

Tapi yang jadi pokok permasalahan di sini bukan soal umur namun adalah privasi pengguna. Facebook digugat beberapa kali karena gunakan foto penggunanya untuk kepentingan iklan. Apakah Google ingin itu terjadi padanya?

Seharusnya Google meminta permisi dulu ke pengguna yang bersangkutan. Jika memang mereka setuju Google sila gunakan data diri mereka. Jika tidak, maka jangan berani macam-macam dengan data vital ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda