Share

Indonesia vs China

Duel timnas Indonesia vs China di kualifikasi Piala Asia 2015 akan berlangsung pada Selasa, 15 Oktober 2013 pukul 18.30 WIB. Disiarkan langsung SCTV, skuat Garuda besutan Jacksen F. Tiago harus meraih angka di Gelora Bung Karno, Jakarta, untuk tetap menjaga persaingan.

Saat ini, Indonesia memang menjadi juru kunci Grup C. Melakoni dua laga, Garuda ditekuk tuan rumah Irak 1-0 pada Februari 2013, untuk kemudian dibenamkan Arab Saudi 1-2 di kandang sendiri. Sebaliknya, Cina ada di peringkat kedua dengan tiga angka.

Jacksen sendiri, harus kehilangan Sergio Van Dijk di partai krusial ini. Bomber andalan Persib tersebut mengalami cedera paha. Ia digantikan oleh Muhammad Nur Iskandar (Semen Padang).

Sang pelatih, mengaku pasukannya sudah siap tempur. Timnas senior tak malu untuk mencontoh kesuksesan Indonesia U19 yang sukses menumbangkan Korsel 3-2.

Katanya, kepada detik, “Prestasi mereka (timnas U-19) justru memberikan inspirasi bagi pemain-pemain senior. Kami ingin mengikuti jejak timnas U-19. Semoga atmosfer kemenangan timnas U-19 masih ada di sini.”

Tak hanya itu, Garuda senior diharapkan bermain kolektif dan aktif di lapangan. Mereka harus tahu momentum memegang dan melepas bola. Jacksen mengindikasikan harapan agar semua yang sudah dilatih di Malang, bisa ditampilkan.

Namun, China yang dilatih Fu Bo, datang dengan optimisme tinggi. Pelatih tersebut mengaku siap menang di GBK. Katanya, “Ini pertandingan penting buat China. Pada dasarnya semua pertandingan penting. Target kami mendapatkan poin penuh.”

Bicara pertandingan internasional, sejak berduel dengan Filipina pada Agustus lalu, Garuda telah kehilangan banyak momentum untuk berujicoba. Sebaliknya, China tengah berada dalam tren positif. Mereka bahkan sukses mengganyang dua rival utama Indonesia di Asia Tenggara. Singapura dihajar 6-1, dan Malaysia 2-0.

Garuda terbiasa mudah keok ketika menghadapi tim-tim dari Asia Timur. Catatan pertemuan dengan China juga tergolong minus. Dalam tiga pertemuan terakhir, Indonesia terbobol 12 gol dan cuma memasukkan 1 kali. Kini, kesulitan yang sama bukan tidak mungkin akan hadir bagi Boaz Sollosa dkk.

Perkiraan Susunan Formasi

  • Indonesia (4-4-2): I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, Ruben Sanadi, Fachrudin Aryanto, Ahmad Bustomi, Muhammad Taufiq, Zulham Zamrun, Greg Nwokolo, Titus Bonai, Boaz Solossa.
  • China (3-5-2 : Yang Zhi, Rong Hao, Sun Xiang, Du Wei, Zheng Zhi, Yu Hai , Zhang Xizhe, Yang Hao, Wu Lei, Yu Da Bao, Jiang Ning.

Head to Head

  • 27 Mei 2001 Indonesia vs Cina 0-2
  • 13 Mei 2001 Cina vs Indonesia 5-1
  • 21 Juli 2004 Indonesia vs Cina 0-5

Prediksi Sidomi: 45-55

Foto: timnasgaruda.com