Scroll to Top

Javier Zanetti: Mourinho Terbaik, Tardelli Terburuk

By Wan Faizal / Published on Monday, 14 Oct 2013

Mourinho

Dalam buku autobiografinya yang baru dirilis, kapten Inter Milan, Javier Zanetti, coba mengulas siapa pelatih terbaik dan terburuk Inter selama 20 tahun kariernya di Giuseppe Meazza. Jika Zanetti menyebut Jose Mourinho sebagai yang terbaik, lantas siapa yang ia anggap sebagai yang terburuk? Jawabannya adalah Marco Tardelli!

Penyebab terbesar Zanetti menunjuk Tardelli sebagai yang terburuk adalah memori menyakitkan dalam laga Derby Della Madonnina edisi 11 Mei 2001 silam. Kala itu, bertindak sebagai tuan rumah, Inter dibawah kendali Tardelli justru dibantai 0-6 oleh AC Milan.

“Saat itu adalah musim terberat bagi Marco. Kami kalah 0-6 dalam derby dan segala sesuatunya tak berjalan mulus. Sebenarnya saya tak yakin jika ia yang terburuk, namun ia adalah pelatih yang setidaknya tidak saya suka,” ungkap sang kapten.

Mengenai Mourinho, faktor utama Zanetti memilihnya sebagai yang terbaik adalah keberhasilannya membawa La Beneamata meraih treble winners pada 2010 lalu, yakni Serie-A, Liga Champions, dan Coppa Italia.

“Jose adalah seorang juara dan ia sangat memperhatikan setiap detail di dalam tim. Masa dua tahunnya disini akan selalu terjaga di hati para fans Inter.”

“Ketika kami tertinggal 1-0 dari Kiev di babak pertama, saat itu kami berada dalam situasi tersingkir dari Liga Champions. Namun Jose mengambil segala resiko dengan menarik dua bek kami dan memasukkan dua striker dan kami menang! Jose hanya berkata bahwa ia yakin dengan cara itu kami bisa menang.”

“Saya akhirnya bisa meraih trofi Liga Champions yang selalu saya idamkan. Trofi tersebut bisa berada dalam genggaman saya saat kami bersama Jose.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda