Scroll to Top

Andik Vermansyah Batal Main di Jepang Gara-gara PSSI?

By Aditya / Published on Monday, 14 Oct 2013

Andik Vermansyah Ventforet Kofu

Andik Vermansyah telah menjalani trial bersama tim peserta J-League, Ventforet Kofu dan tampaknya klub tersebut tertarik untuk merekrutnya. Namun, Andik Vermansyah terancam batal berkiprah di Jepang apabila PSSI tidak mengeluarkan International Transfer Certificate (ITC) untuk pemain Persebaya 1927 ini. Pasalnya, PSSI tidak mengakui legalitas Persebaya 1927 sebagai klub yang bernaung di bawah federasi sepakbola Indonesia.

Nasib Andik Vermansyah tampaknya setali tiga uang dengan kapten Timnas Indonesia U19, Evan Dimas. Sama-sama dibesarkan di Persebaya 1927, kedua pemain ini terbentur masalah prosedural yang diterapkan oleh PSSI. Evan Dimas pun hingga kini belum mendapat pengakuan dari PSSI sebagai pemain profesional hanya karena ia menjadi pemain Persebaya 1927.

“Permasalahannya adalah klub tempatnya (Evan Dimas) bernaung itu statusnya tidak diakui PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia. Status Evan Dimas menjadi pemain profesional bisa diakui federasi kalau ia terdaftar sebagai pemain di klub profesional yang diakui PSSI. Intinya, kami tidak pernah mempersulit pemain,” jelas Tigor Salom Boboy, Deputi Bidang Organisasi PSSI, belum lama ini.

Untuk Andik Vermansyah, Tigor Salom Boboy mengatakan bahwa ia masih bisa memperoleh ITC dari PSSI. Namun, keterangan mengenai klub yang dicantumkan di ITC itu bukan Persebaya 1927, namun Persebaya Surabaya yang baru saja lolos ke Indonesia Super League (ISL).

“Namun, di ITC itu, keterangan asal klub Andik bukan Persebaya 1927, melainkan Persebaya yang musim depan akan bermain di ISL,” kata Tigor Salom Boboy yang juga menjabat sebagai Sekretaris PT Liga Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda