Scroll to Top

Evan Dimas Akan Diakui PSSI, Tapi Harus Hengkang dari Persebaya 1927

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 15 Oct 2013

Sepak terjang Evan Dimas Darmono yang mengkilap di Timnas Indonesia, ternyata tidak diimbangi karirnya di level klub. Hal tersebut terjadi setelah perubahan status Evan Dimas dari pemain amatir ke professional, masih belum menemui titik terang.

Perkembangan terbaru Deputi Sekjen PSSI Bidang Organisasi, Tigorshalom Boboy mengatakan jika status Evan Dimas untuk berubah dari pemain amatir ke profesional bisa saja dipenuhi PSSI.

Hanya saja dengan syarat Evan Dimas harus hengkang dari Persebaya 1927, klub Indonesia Premier League (IPL) yang kini sudah tak diakui oleh PSSI.

PSSI sendiri hanya mengakui Persebaya Surabaya yang pada musim 2012/13 menjadi juara Divisi Utama PT Liga Indonesia sebagai anggota mereka.

Sebelumnya pihak Persebaya 1927 mengajukan alih status Evan Dimas dari amatir ke profesional kepada PT Liga Prima Indonesia Sportindo selaku pengelola IPL, sebelum diambil alih PSSI beberapa waktu lalu.

Namun perubahan itu tetap harus mendapatkan persetujuan dari PSSI. Evan Dimas sendiri saat ini masih berstatus sebagai pemain amatir di klub internal Persebaya yakni Mitra Surabaya.

“Permasalahannya adalah klub tempatnya (Evan) bernaung itu statusnya tidak diakui PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia”

“Status Evan Dimas menjadi pemain profesional bisa diakui federasi, kalau ia terdaftar sebagai pemain di klub profesional yang diakui PSSI”

“Intinya kami tidak pernah mempersulit pemain” ungkap Tigor seperti yang dilansir Liputan6 dan Goal.

Di lain kesempatan saat dimintai konfirmasinya Sekjen PSSI, Joko Driyono menambahkan permintaan International Transfer Certificate (ITC) dan alih status merupakan hak pemain.

PSSI tidak pernah berpikir untuk menghambat karier pemain, menurut Jokdri alih status dimungkinkan jika si atlet bermain untuk klub yang diakui PSSI.

Lantas bagaimanakah nasib status Evan Dimas sebagai pemain profesional? Patut ditunggu perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda