Scroll to Top

MediaTek MT8121 Diperkenalkan, Chipset Quad Core untuk Tablet Murah

By Ditya / Published on Tuesday, 15 Oct 2013
MediaTek
MediaTek

Setelah sukses menghadirkan chipset MT8125 untuk tablet kelas entry-level, kini MediaTek meluncurkan chipset MT8121 yang dilengkapi dengan prosesor quad-core untuk membidik pasar tablet murah. Seperti yang kita ketahui, MediaTek selama ini terkenal dengan jajaran chipset untuk smartphone dan tablet low-end.

Apa yang ditawarkan oleh chipset MediaTek MT8121? Chipset MT8121 besutan MediaTek ini cukup powerfull berkat dukungan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan yang belum diketahui. Sedangkan pengolah grafis, MediaTek MT8121 mengandalkan PowerVR SGX seei 5.

Berbeda dengan chipset MediaTek MT8125 yang membidik pasar tablet kelas entry-level dan menengah, chipset MT8121 ini membidik pasar tablet yang lebih murah lagi. MediaTek mengatakan bahwa chipset MT8121 dirancang khusus untuk tablet dengan harga $99 atau sekitar Rp 1,1 juta.

Pembesut chipset mobile asal Taiwan ini juga mengungkapkan bahwa chipset MT8121 ini dirancang khusus dengan menggabungkan fitur WiFi, Bluetooth, dan fungsi GPS dalam satu chip yang sama dengan prosesor. Jelas, solusi single-chip ini mampu memangkas biaya produksi cukup sgnifikan.

MediaTek tampaknya cukup serius untuk bersaing dengan pembuat chipset lain, seperti Qualcomm Snapdragon, Nvidia Tegra, Samsung Exynos, Texas Instruments, dan banyak lagi. Meski membidik pasar entry-level, kualitas chipset MediaTek sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata.

Kehadiran chipset MT8121 ini dalam rangka memperkuat posisi MediaTek di pasar tablet karena sejauh ini pennguasaan pangsa pasar tablet masih belum maksimal.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (14/10/2013), chipset MediaTek MT8121 ini kabarnya telah mulai diproduksi massal dan tablet dengan chipset tersebut mulai hadir di pasar pada tahun 2014 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda