Scroll to Top

Askew: Buat Tampilan Google Jadi Miring

By Ditya / Published on Tuesday, 15 Oct 2013
Google Askew
Google Askew

Jika sebelumnya Sidomi mengulas tampilan jadul Google dengan menggunakan kata kunci “Google in 1998″, kini tampilan situs Google dapat dibuat miring dengan memasukkan kata kunci “Askew” pada search bar Google. Askew ini adalah salah satu easter-egg atau rahasia yang terdapat di mesin pencari raksasa tersebut.

Ketika pengguna memasukkan kata kunci “Askew” maka Google akan menampilkan hasil pencarian kata kunci tersebut dengan tampilan yang agak miring. Tampilan miring ini membuat situs mesin pencari yang didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page terlihat unik.

Lalu apa manfaat tampilan miring yang dihasilkan dari kata kunci “Askew” ini? Memang tak ada manfaat khusus dari tampilan miring tersebut karena “Askew” sendiri hanyalah sebuah easter-egg yang diselipkan oleh pengambang Google sebagai hiburan bagi penggunanya.

Google Tilt
Google Tilt

Tak hanya menggunakan kata kunci “Askew” saja, pengguna juga dapat menggunakan kata kunci “Tilt” untuk membuat tampilan situs Google menjadi miring. Apa perbedaan antara Askew dan Tilt ini di Google? Tak ada perbedaan selain hasil pencarian keduanya. Kedua kata kunci ini sama-sama membuat tampilan Google menjadi miring.

Sayangnya, kata kunci Askew dan Tilt ini tidak bekerja di browser Safari yang berjalan di sistem operasi lawas Mac OS X 10.6.8 yang digunakan oleh penulis untuk melakukan ujicoba fitur ini. Meski demikian, Askew dan Tilt ini dapat “miring” dengan baik menggunakan browser lain.

Sebenarnya ada banyak easter-egg atau rahasia tersembunyi pada mesin pencari Google selain menggunakan kata kunci “Askew” dan “Tilt”. Pengguna dapat mencobanya dengan kata kunci lain seperti “Do a Barrel Roll”, “Google in 1998″, dan “Z or R twice” tanpa tanda kutip, dan lihat apa yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda