Scroll to Top

The Butler: Kisah Pria Kulit Hitam Selama 34 Tahun Menjadi Pelayan di Gedung Putih

By Rin / Published on Tuesday, 15 Oct 2013

Satu lagi film terbaru yang sangat menyentuh berjudul The Butler, bahkan film ini bisa membuat Presiden Barrack Obama meneteskan air mata. Film arahan Lee Daniels ini diangkat dari kisah nyata dan menjadi bahan perbincangan di dunia perfilman Hollywood lantaran sangat inspiratif.

The Butler bercerita tentang kehidupan pelayan kepresidenan bernama Eugene Allen yang menjadi pelayan selama 34 tahun untuk delapan presiden Amerika Serikat. Di film ini, nama Allen diubah menjadi Cecil Gaines yang diperankan oleh Forest Whitaker.

Sejak kecil, Cecil Gaines mengalami nasib yang sangat memilukan, ia harus melihat orang tuanya mati ditembak oleh seorang kulit putih, pemilik perkebunan kapas di mana ayahnya bekerja sebagai budak. Tidak hanya itu, Cecil juga harus bersama ibunya yang diperankan Mariah Carey menjadi wanita gila setelah diperkosa oleh sang majikan.

Cecil hidup di masa ketika kehidupan seorang kulit hitam Amerika tidak bernilai. Hak mereka untuk sama dihadapan hukum tidak ada. Hidupnya mulai berubah ketika nenek pemilik ladang kapas mengangkatnya menjadi pelayan di rumahnya. Cecil belajar berdamai dengan masa lalu dan rasa sakit hatinya.

Ia belajar sebagai pelayan di rumah nenek tersebut. Pelajaran ini sangat berharga meskipun ia tidak sekolah, ia bahkan lebih berbakat dalam pelayanan ketimbang orang-orang kulit putih. Kemudian, ia pergi merantau ke luar desa untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Di perjalanan, ia menjalani berbagai peristiwa yang memprihatinkan, seperti kelaparan dan kehujanan tanpa ada yang mau membantu kesulitannya. Satu keberuntungan ia bisa bertemu dengan pengajar pelayan yang bekerja di hotel mewah. Ia kemudian mendapatkan pekerjaan di hotel mewah tersebut. Karirnya meningkat, hingga akhirnya ia berhasil bekerja di Gedung Putih untuk melayani Presiden Amerika Serikat. Namun, Cecil lagi-lagi masih kerap diperlakukan tidak adil karena warna kulitnya.

Selama 34 tahun, Cecil banyak menyaksikan peristiwa penting di Amerika Serikat. Ia juga mengambil andil dalam menyokong perjuangan persamaan warga kulit hitam.

Selain ceritanya yang menyentuh dan inspiratif, The Butler juga turut dibintangi oleh pesohor kawakan, seperti Oprah Winfrey, Mariah Carey, John Cusack, Jane Fonda dan banyak lagi yang membuat Anda merasa familiar.

Naskah film dikembangkan dengan sangat baik oleh Danny Strong, diangkat dari buku A Butler Well Server by This Election karya Wil Haygood. Film ini memiliki kans besar untuk masuk nominasi Oscar.

Dengan durasi 132 menit, penonton akan menyaksikan berbagai adegan menegangkan sekaligus emosional. Pesan moral yang bisa dipetik dari film ini di antaranya semangat hidup, kesabaran, kasih sayang dan ketegaran hati. Berbudget USD 30 juta, The Butler berhasil meraup box office sebesar USD 125,4 juta sampai saat ini.

Penasaran dengan kisah hidup Cecil Gaines selengkapnya? Anda harus menyaksikan sendiri film ini yang telah tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Saksikan trailernya di sini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda