Scroll to Top

Indonesia vs China 0-1 Hasil Skor Sementara

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 15 Oct 2013

Boaz Solossa

Skor 0-1 menjadi hasil sementara pertandingan timnas Indonesia vs China dalam lanjutan kualifikasi Pra Piala Asia 2015. Harus menang untuk bisa bersaing dengan Arab Saudi, Cina, dan Irak, Garuda senior besutan Jacksen F. Tiago malah terbobol oleh gol Wu Xi. Akankah Garuda kembali tumbang?

Indonesia turun dengan formasi 4-4-2; mengandalkan duo Boaz Sollosa dan Greg Nwokolo di barisan depan. Sebaliknya, China memainkan skema 3-6-1 dan mempercayakan penyerang tunggal pada sosok Yu Dabao yang mencetak dua gol ketika membungkam Singapura 6-1.

China lebih yang lebih unggul dari segi teknik, postur tubuh, dan kerjasama tim, menekan sejak awal pertandingan. Yu Dabao yang lebih tinggi daripada bek Indonesia, serta liat, sangat merepotkan. Sebaliknya, Garuda yang berniat mengulang prestasi timnas U19 ketika menekuk Korsel, keteteran. Serangan balik mereka mudah gagal dan lebih bergantung pada kecepatan Boas plus Greg.

Yu Dabao yang berfungsi sebagai target man sekaligus pemantul bola, menjadi teror bagi lini belakang Indonesia. Kesempatan emas datang dari tembakan Yang Hao dari luar kotak penalti yang membentur bek timnas.

Akhirnya China berhasil membobol gawang Indonesia. Yu Dabao yang mendapatkan bola di kotak penalti, membalikkan badan dan mengirimkan umpan pendek yang dituntaskan oleh Wu Xi di menit 36.

Indonesia terbobol lagi oleh gol Yu Dabao merebound bola yang diblok I Made Wirawan. Namun, ia terlebih dahulu ada di posisi off side. Terus tertekan, Jacksen F. Tiago menurunkan Titus Bonai untuk mengganti Slamet Nurcahyo. Artinya, secara teknis Indonesia bermain dengan tiga penyerang. Namun, hingga babak pertama berakhir, tak ada perubahan berarti. Indonesia tertinggal, dan berpeluang terbobol lebih banyak lagi …

Indonesia (4-4-2) : I Made Wirawan (GK); Victor Igbonefo, M. Roby, Ruben Sanadi, Tinus Pae; M. Taufiq, Ahmad Bustomi, Slamet Nurcahyo (Titus Bonai ’45), Raphael Maitimo; Boaz Solossa, Greg Nwokolo.

China (3-6-1): Zeng Cheng (GK); Sun Xiang, Du Wei, Liu Jianye; Wang Yongpo, Zheng Zhi, Wu Xi, Yang Hao, Wu Lei, Zhang Xizhe; Yu Dabao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda