Scroll to Top

Swedia vs Jerman 3-5: Andre Schurrle Hattrick

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 16 Oct 2013

Andre Schurlrle 1

Hattrick Andre Schurrle membalikkan keadaan sekaligus membuat hasil pertandingan Swedia vs Jerman berakhir dengan skor 3-5. Kemenangan di kualifikasi Piala Dunia 2014 memastikan tim panser besutan Joachim Loew mengikuti jejak Belanda: meraih 9 kemenangan dari 10 laga sebagai ajang pamer kekuatan menjelang Brazil 2014.

Swedia yang sudah memastikan tiket ke babak play-off sempat membuat fans Jerman bermuram durja. Betapa tidak. Baru enam menit berjalan, gawang yang dikawal Manuel Neuer sudah jebol. Memanfaatkan umpan terobosan Sebastian Larsson yang membelah lini belakang Jerman, Tobias Hysen membuka keunggulan.

Swedia

Malapetaka bagi Jerman terus berlanjut. Menit 42, jarak makin lebar. Alexander Kacaniklic menyelesaikan umpan Kim Kallstrom yang lagi-lagi mengekspos kelemahan bek tengah Jerman. Ketika kemudian Mesut Ozil memperkecil ketertinggalan di ujung babak pertama sekaligus mencetak gol kedelapannya di babak kualifikasi, tidak ada yang terlalu memperhatikan tim panser. Mereka toh tertinggal 2-1.

Mesut Ozil 4

Namun, yang terjadi pada babak kedua adalah cerita yang sama sekali berlawanan. Mario Goetze menggantikan Thomas Mueller. Dan gelandang Bayern Munchen itu menjadi pria yang menyamakan kedudukan setelah bekerjasama dengan Mesut Ozil yang tidak egois, delapan menit setelah turun minum.

Mario Gotze

Skor imbang ini digunakan Jerman untuk makin trengginas. Hasilnya, pemain Chelsea, Andre Schurrle mencetak 2 gol yang membuat tuan rumah tenggelam. Kesalahan Per Nilsson membuat eks Bayer Leverkusen ini melakukan sprint di sisi kiri kotak penalti sebelum mengirim bola ke sudut jauh di menit 57.

Lalu, pembalikan keadaan makin telak ketika Mikael Artonsson menyerah pada Mario Gotze. Eks Dortmund menyodorkan umpan kepada Schurrle untuk mengemas gol keduanya di menit 66. Selang tiga menit, Swedia membalas lagi via Tobiasn Hysen. 3-4.

Tapi game over bagi Swedia terjadi setelah Andre Schurrle mencetak gol ketiganya. Bastian Schweinsteiger menjalani laga ke-100 untu timnas Jerman. Namun, pria Chelsea inilah yang menyihir lapangan dengan tembakan dari luar kotak penalti menyelesaikan kerja Toni Kroos.

Andre Schurrle

Skor akhir dari pertandingan panas ini adalah 3-5. Mengingatkan pada partai terakhir kedua tim yang juga berkesudahan dengan skor 4-4. Sekaligus mengingatkan siapa pun, Jerman dengan para pemain mudanya, punya semangat tak kenal lelah, dan berpotensi bicara banyak tahun depan.

SWEDIA (4-4-2): Wiland; Bengtsson, Nilsson, Antonsson, Olsson; Larsson, Elm (Anders Svensson ’58), Kallstrom, Kacaniklic (Durmaz ’72); Toivonen (Wernbloom ’83), Hysen

JERMAN (4-2-3-1): Neuer; Lahm, Boateng, Hummels, Jansen; Schweinsteiger, Kroos; Muller (Goetze ’46), Ozil (Draxler ’82), Schurrle; Kruse (Benedikt Höwedes ’75)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda