Scroll to Top

Darah dalam Urin Mungkin Gejala Kanker Ginjal

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 16 Oct 2013

gejala ginjal

Munculnya darah yang keluar bersama urin kerap diduga menjadi gejala adanya batu dalam saluran kencing atau di ginjal. Namun, sebaiknya gejala tersebut juga diwaspadai sebagai salah satu tanda kanker ginjal. Oleh karenaitu, jalan terbaik saat mendapati darah dalam urin ini yaitu menghubungi dokter ahli secepatnya untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Di Inggris, kanker ginjal terdiagnosa meningkat sepertiga kali dalam satu dasawarsa ini di Inggris. Dikutip dari BBC, sekitar 3.500 pasien kanker ginjal ada 7 persen yang harus meregang nyawa di tahun 2011 lalu.Penyebab kanker ginjal kebanyakan karena gaya hidup tidak sehat.

Menurut data yang dirilis Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE), penderita kanker ginjal tidak semuanya mengalami gejala darah dalam urin. Hanya sepertiganya yang merasakan. Jika kanker ini ditangani secara dini, kemungkinan hidup untuk satu tahun mendatang mencapai 97 persen. Sementara jika sudah mencapai tahap akhir, angka harapan hidupnya hanya 32 persen.

“Mungkin itu bukan hal yang serius, tapi mungkin juga merupakan indikasi sesuatu yang harus diobati, jadi jangan anggap sepele gejala itu atau menunda pergi ke dokter,” kata Prof Kevin Fenton, direktur kesehatan PHE.

Oleh karena itu, jika Anda sekali saja melihat warna urin berubah menjadi merah dan diduga darah, jangan ragus untuk langsung menemui dokter. Mungkin nyawa Anda akan tertolong dengan pengobatan secara dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda