Scroll to Top

Manfaat Mencium Pasangan untuk Keutuhan Hubungan

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 16 Oct 2013

pasangan

Studi terbaru di Inggris menemukan banyak orang menghargai ciuman dari pasangannya. Dan, ciuman memberikan peran dalam menguatkan perasaan cinta di antara mereka. Seseorang mencium juga untuk menilai karakteristik genetik dan kesehatan pasangannya. Demikian dikutip dari Genius Beauty dari jurnal Human Nature.

Saat ini ada tiga teori yang menjelaskan peran ciuman dalam hubungan seksual. Teori pertama mengatakan, berciuman memungkinkan seseorang menilai kualitas genetik yang dimiliki pasangannya dengan berbagai cara aneh. Kedua, ciuman diperlukan untuk meningkatkan gairah seksual dan menjadi bumbu dalam foreplay. Terakhir, ciuman dipakai pasangan untuk mempertahankan hubungan di antara mereka.

Dalam studi ini peneliti mengkaji berbagai teori berciuman yang sudah ada untuk diuji kecenderungan tujuan seseorang mencium pasangannya. Untuk itu, dilibatkan relawan sebanyak 594 wanita dan 308 pria dengan rentang usia 18-63 tahun. Sekitar 55 persen dari mereka sudah memiliki hubungan cukup lama dengan pasangannya. Mereka semua dimita menjawab pertanyaan berkaitan dengan pentingnya berciuman dalam sebuah hubungan dan peran ciuman dalam setiap tahap hubungan.  Relawan menjawab pertanyaan secara online.

Studi yang dilakukan Rafael Wlodarski dan Robin Dunbar dari Universitas Oxford ini menemukan, baik pria maupun wanita sangat menghargai ciuman dari pasangannya dan menganggap diri mereka cukup menarik. Mereka mengaku ciuman sangat penting dalam menjaga hubungan.

Lebih spesifik lagi, wanita menjadi lebih selektif untuk memilih pria yang berhak mendapatkan ciumannya. Hal ini dikaitkan dengan fakta bahwa wanita harus mengeluarkan energi dan sumber daya berlebih untuk melahirkan atau membesarkan anak.

Dengan temuan ini peneliti memiliki teori bahwa pasangan melakukan ciuman untuk mengevaluasi satu sama lain. Dan, ciuman punya efek sangat baik dalam mempertahankan keutuhan hubungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda