Scroll to Top

Rambut Bermasalah Mungkin Tanda Tubuh Tidak Beres

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 16 Oct 2013

rambut rontok

Rambut yang mengalami masalah tidak hanya disebabkan oleh faktor dari luar, seperti paparan sinar matahari atau rambut kotor. Masalah rambut juga bisa dipicu oleh adanya gangguan dari dalam tubuh. Dikutip dari Huffington Post, ada empat masalah rambut yang kemungkinan disebabkan oleh masalah pada tubuh:

  1. Jika sebelumnya rambut Anda tebal dan berkilau, lalu berubah menjadi lemas dan kering, bisa jadi adalah tanda hipotiroidisme. Tiroid tampak tidak aktif sehingga tidak menghasilkan hormon yang cukup. Hal ini nantinya memengaruhi metabolisme berjalan lebih lambat.
  2. Rambut berketombe. Umumnya ketombe bisa diatasi dengan sampo antiketombe. Namun jika ketombe membandel dan muncul bercak dengan sisik tebal, bisa jadi adalah tanda psoriasis. Ini adalah masalah kulit jangka panjang yang mengakibatkan se-sel kulit tumbuh pesat, memunculkan bercak putih, perak, atau kulit merah tebal.
  3. Rambut rontok. Kerontokan yang bisa ditoleransi adalah 100 helai per hari. Jika rambut Anda rontoknya lebih parah dari angka itu dan akhirnya rambut cenderung menipis, mungkin ANda mengalami hipotiroidisme atau memiliki ketidakseimbangan hormon yang berhubungan dengan sindrom ovarium polikistik.
  4. Rambut kering, rusak, dan mudah rapuh. Ini tandanya rambut Anda kurang zat keratin. Salah satu bagian dari protein tersebut jika jumlahnya kurang menyebabkan rambut tidak kuat. Tapi, bisa juga hal tersebut dipicu masalah tiroid. Sebaiknya periksakan ke dokter untuk menemukan diagnosa pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda