Scroll to Top

Dinan Yahdian Javier, Bocah Bantul di Sayap Sang Garuda

By Aditya / Published on Thursday, 17 Oct 2013

Dinan Yahdian Javier Timnas Indonesia U19

Di babak Kualifikasi AFC Cup 2014 kemarin, Timnas Indonesia U19 memang memiliki cukup banyak stok penyerang sayap kanan. Salah satunya adalah Dinan Yahdian Javier. Pemuda asli Bantul, Yogyakarta, ini kerap tampil bergantian dengan Maldini Pali untuk mengisi sektor sayap kanan Timnas Indonesia U19. Sedangkan Yabes Roni Malaifani harus rela menunggu saatnya dimainkan oleh pelatih Indra Sjafri meskipun memiliki kualitas yang sama bagusnya.

Pelatih Indra Sjafri biasanya menurunkan Maldini Pali di laga perdana pada event yang diikuti tim Garuda Muda. Di laga berikutnya, giliran Dinan Yahdian Javier yang diturunkan. Atau, ketika Maldini Pali dinilai kurang fit, Indra Sjafri pun tak segan-segan memainkan Dinan Yahdian Javier sejak awal.

Meskipun tak selalu menjadi pilihan utama, namun Dinan Yahdian Javier memiliki beberapa keunggulan ketimbang dua rekannya yang sama-sama mengisi sayap kanan Timnas Indonesia U19. Siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta ini juga bisa dimainkan sebagai gelandang serang ataupun penyerang sayap kiri.

Kelebihan lain yang dimiliki Dinan Yahdian Javier adalah ia cenderung ngotot, misalnya saat mencoba menerobos barisan pemainlawan, bahkan ketika kehilangan bola. Pemain tim SAD Indonesia ini pun tak kenal lelah saat timnya berbalik diserang. Ia akan berupaya turun untuk membantu pertahanan.

Siapa yang menduga, sosok berbakat seperti Dinan Yahdian Javier ternyata berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahnya adalah seorang penjual koran. Namun, hal itu tak membuat Dinan Yahdian Javier minder. Ia justru berusaha lebih giat untuk meraih mimpi-mimpinya.

Beruntung, Indra Sjafri mampu mengendus bakat si bocah kelahiran 6 April 1995 ini. Bermain gemilang di Timnas Indonesia U19, Dinan Yahdian Javier akhirnya bisa membahagiakan orangtuanya dan warga Bantul serta masyarakat Yogyakarta pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda