Scroll to Top

Marissa Mayer, Engineer Wanita Pertama Dibalik Google

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 28 Sep 2011

Women In Tech kali ini akan mengangkat profil Marissa Mayer, seorang Vice President Divisi Location and Local Services perusahaan search engine raksasa Google.

Mungkin Anda tidak pernah menyangka, wanita kelahiran 30 Mei, 36 tahun yang lalu ini, merupakan satu-satunya engineer wanita yang direkrut Google saat perusahaan ini hanya merupakan sebuah perusahaan startup kecil di masa itu.

Pada tahun 1999, Marissa yang saat itu belum lulus pendidikannya di Stanford University, bergabung dengan Google bersama dengan engineer lain yang berjumlah kurang dari 20 orang. Ia tidak pernah mengira perusahaan itu akan menjadi sebesar seperti saat ini.

Walaupun sebagai satu-satunya engineer wanita saat itu, ternyata talenta nya patut diacungi jempol. Hingga saat ini, Marissa telah memberikan kontribusi dalam membentuk produk terpenting Google.

Mulai dari tampilan homepage Google, fitur-fitur populernya seperti Google News dan Gmail, hingga yang paling terbaru saat ini adalah penyediaan jasa berbasis lokasi, seluruhnya merupakan buah pikiran wanita yang pernah mendapat predikat Woman of the Year 2009 versi Glamour Magazine ini.

Wanita yang dengan bangga menyebut dirinya “geek” ini merasa, walaupun pekerjaan dibidang ini masih didominasi pekerja pria, jika Anda memang memiliki interest dan mampu untuk bersaing dengan mereka, maka Anda harus tetap maju.

Ia menyarankan orang-orang untuk mempertimbangkan mengejar karir di industry teknologi tinggi, baik di perusahaan startup maupun perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Fortune 500.

Lebih lanjut, Marissa menambahkan ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih pekerjaan:

  1. “Bekerjalah dengan orang-orang terpandai yang dapat Anda temui,
  2. Lakukan sesuatu yang Anda belum siap untuk lakukan (karena mau tidak mau Anda akan belajar dengan gigih untuk itu, red),
  3. Carilah lingkungan pekerjaan dimana Anda merasa nyaman disana, sehingga Anda dapat menemukan inspirasi Anda,
  4. Bekerjalah dengan orang yang mempercayai Anda – karena ketika mereka mempercayai Anda, mereka akan berinvestasi pada Anda”.

Apakah figur Marissa bisa menjadi panutan bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda