Scroll to Top

Mengapa Menjaga Kesehatan Jantung Itu Penting?

By Ilham Choirul / Published on Friday, 18 Oct 2013

jantung sehat

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Posisinya hampir sejajar dengan otak, begitu organ ini berhenti maka kematian segera menjembut. Jantung adalah sekumpulan otot yang membantu mengalirkan darah dan nutrisi ke seluruh tubuh. Begitu ada hambatan dalam distribusi ini, maka berakibat pada munculnya masalah pada jantung. Paling umum, banyak kerjadian orang meninggal akibat serangan jantung.

Perlu digarisbawahi, gaya hidup modern saat ini menjadi biang keladi utama penyakit kardiovaskular ini. Terutama, banyak makanan instan yang penuh kalori, gula, hingga lemak trans dikonsumsi oleh rata-rata orang. Selain itu, orang lebih suka dengan aktivitas yang tidak mengeluarkan banyak keringat. Mereka jarang berolahraga atau menggerakkan badannya.

Padahal serangan jantung koroner, terutama, muncul dalam jangka panjang. Awalnya dimulai dari kebiasaan tidak sehat tersebut. Lama-lama tanpa disadari tekanan darah cenderung tinggi dan terjadi penumpukan kolesterol. Akibatnya pembuluh darah di jantung terdapat penyumbat plak yang mengganggu jalannya darah pembawa nutrisi. Saat sumbatan makin menutup dan tekanan darah makin kuat, membuat jantung tidak berfungsi normal. Terjadilah kemudian serangan jantung yang amat menyiksa.

Banyak faktor lain pencetus masalah jantung. Merokok dan diabetes melitus beberapa di antaranya. Jalan terbaik untuk menjaga jantung adalah pencegahan sejak dini. Rutin melakukan gerakan fisik termasuk  berolahraga, menjaga pola makan sehat, dan melakuka gaya hidup sehat lainnya harus menjadi perhatian. Dan, faktor pemicu penyakit jantung ini biasanya juga berhubungan dengan risiko serangan stroke. Menakutkan bukan?

Serangan jantung dan stroke kini bukan lagi konsumsi orang-orang lanjut usia. Pasalnya, penderitanya ditemukan pula pada mereka yang berusia mulai 30 tahun. Serangan jantung seakan menjadi tren yang terjadi secara global. Oleh karena itu, lindungi jantung Anda mulai sekarang sebelum terlambat. Untuk melihat kondisi kesehatan jantung, Anda bisa menghubungi dokter spesialis jantung untuk dilakukan pengecekan menggunakan alat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda