Scroll to Top

Ravi Murdianto: Saya Berangkat Dari Anak Kampung

By Aditya / Published on Friday, 18 Oct 2013

Ravi Murdianto Timnas Indonesia U19

Ravi Murdianto menjadi salah satu punggawa Timnas Indonesia U19 yang paling dipuja saat ini. Memiliki postur yang ideal, skill mumpuni, ditambah wajahnya yang rupawan membuat kiper muda asal Grobogan, Jawa Tengah, ini menjadi idola. Namun, Ravi Murdianto tak lantas silau dengan semua yang diperolehnya saat ini. Ia tetap saja anak kampung dengan segala kesederhanaannya.

“Saya berangkat dari anak kampung yang tidak punya apa-apa,” ujar Ravi Murdianto.

Kiper bertinggi badan 183 cm ini lahir di sebuah Desa Tegowanu Kulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada 8 Januari 1995. Saat kelas 2 SD, ia sudah menyukai sepakbola. Namun, kondisi keluarganya yang serba terbatas membuat karir sepakbola Ravi Murdianto menemui banyak kendala.

ravi murdianto timnas indonesia u19

Tak jarang ia harus berjalan kaki dari rumah ke sekolah sepakbola tempatnya berlatih dengan jarak yang tidak bisa dibilang dekat. Terkadang, Ravi Murdianto diantar jemput oleh ayahnya dengan sepeda motor, namun ia harus duduk di atas karung berisi botol-botol yang dikumpulkan sang ayah.

“Bapak saya waktu itu bekerja sebagai pemungut botol dari kampung ke kampung, jadi kami terkendala biaya untuk pergi dan pulang latihan,” kisah Ravi Murdianto.

“Dulu, banyak orang mencibir saya dengan mengatai: Itu lho, kiper bola yang diantar bapaknya naik motor di atas karung,” kenang penjaga gawang jebolan Diklat Salatiga ini.

Ravi Murdianto Timnas Indonesia U19

Kini, Ravi Murdianto sudah dikenal oleh sebagian rakyat Indonesia. Penampilan apiknya bersama Timnas Indonesia U19 membuatnya menjadi salah satu pesepakbola muda yang paling populer saat ini. Namun, semua itu tidak akan mengubah jati diri dan kebiasaan seorang Ravi Murdianto si anak kampung.

“Apa yang saya raih saat ini tak akan mengubah kebiasaan saya di kampung,” tekad Ravi Murdianto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda