Scroll to Top

Twitter Blokir Share URL di DM, Cegah Spam dan Cybercrime

By Ibnu Azis / Published on Friday, 18 Oct 2013

Twitter IPO

Bukan jadi rahasia lagi jika DM atau Direct Message kerap jadi santapan utama sekaligus amunisi spammer. Mereka beraksi via pesan pribadi ini dengan menyebar tautan menggiurkan. Twitter nampaknya sigap akan hal itu. Mereka dilaporkan telah memblokir sementara akses berbagi URL di DM.

Dilaporkan pertama kali oleh Techcrunch, sejumlah pengguna mengeluh tak mampu berbagi tautan atau URL di pesan pribadi Twitter. Disinyalir Twitter telah memblokir URL akibat masifnya spam yang mengalir deras.

Akibat tak bisanya menggunakan secara maksimal fitur DM ini Twitter mendapat keluhan dari penggunanya. Sejurus kemudian mereka menjelaskan jika masalah ini timbul karena adanya kendala teknis.

Twitter menjelaskan jika banyak akun teretas pada pekan lalu yang sebabkan lonjakan pengiriman spam via DM. Tujuan spam ini adalah mengumpulkan data pribadi pengguna yang akan digunakan untuk kejahatan cyber.

Bahkan, seorang eksekutif Twitter dilaporkan juga menerima DM ber-URL. Setelah mendapati kasus ini perusahaan kemudian langsung keluarkan putusan untuk memblokir URL di fitur berbagi DM.

Lantas, sampai kapan pemblokiran ini selesai? Tak ada kejelasan untuk itu. Yang jelas Twitter tegaskan akan segera memulihkan fitur URL hingga semua proses telah terselesaikan dengan baik.

Bagi pengguna yang sering menerima DM bertautan hendaknya berhati-hati. Jangan asal klik URL yang ada meski tawarkan iming-iming undian berhadiah. Jika terlanjut menklik sila ganti password atau masuk setting dan revoke acces aplikasi yang dicurigai asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda