Scroll to Top

Bongkahan Besar Hasil Ledakan Meteor Di Rusia Ditemukan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 18 Oct 2013

Russia Meteor

Masih ingat dengan peristiwa ledakan meteor di Rusia beberapa waktu lalu? Akhirnya bongkahan batu meteor terbesar yang gelombangnya telah merusakkan sebagian bangunan tersebut ditemukan. Pecahan batu meteor ini tenggelam di Danau Chebarkul yang berada di Rusia tengah pada 15 Pebruari lalu.

Disitat dari BBC, ledakan meteor terletak di kota Chelyabinsk. Peristiwa ini menimbulkan sebuah lubang dengan lebar enam meter di danau. Kala itu kondisi danau sedang tertutup es. Akibat dari ledakan terdapat korban luka mencapai 1.000 orang. Banyak kaca-kaca bangunan pecah dan menimbulkan getaran di tanah.

Saat meteor memasuki atmosfer bumi diperkirakan memiliki ukuran 17 meter. Beratnya ditaksir mencapai 10 ribu ton. Setelah meteor terbakar karena gesekan dengan atmosfer lalu meledak di bumi, salah satu sisa meteor yang ditemukan ini beratnya tinggal 500-an kilogram dengan lebar 1,5 meter. Namun meteor ini menjadi koleksi yang terbesar hingga saat ini.

Penemuan meteor dilakukan oleh para penyelam Rusia. Batu ditarik ke permukaan dengan membungkusnya memakau penutup metal.Selanjutnya batu ditimbang. Hanya saja batu kemudian terpecah menjadi tiga bagian. Dan, saat menembus angka 57 kilogram, timbangan mendadak rusak.

Para penyelam telah mendapatkan lebih dari 12 bongkahan di danau tersebut. Namun yang teridentifikasi meteor hanya empat bongkahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda