Scroll to Top

Kurang Asupan Susu, Ganti Sumber Kalsium dengan Ikan Teri

By C Novita / Published on Saturday, 19 Oct 2013

ikan teri

Susu telah dikenal sebagai sumber kalsium yang mudah dikonsumsi, dan mudah diserap oleh tubuh. Namun bila seseorang tak dapat mengonsumsi susu secara rutin setiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian kalsiumnya, maka ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menutupi kebutuhan tersebut.

Misalnya dengan mengganti sumber kalsium tersebut dengan makanan seperti ikan teri, atau bandeng presto yang dapat dimakan beserta tulangnya juga. Selain itu ada beberapa jenis sayuran yang punya kandungan kalsium seperti brokoli, kubis, dan sayuran hijau lainnya.

Fungsi dari kalsium yang penting bagi tubuh, terutama untuk mencegah osteoporosis, menyebabkan seseorang harus mencari sumber kalsium pengganti susu.

“Susu itu bagaimanapun penting untuk tubuh, di dalam susu yang berkalsium itu setidak nya ada 500 mg kalsium. Nah seharinya tubuh itu perlu 1.300 mg untuk 9 sampai 18 tahun, dan 1.000 untuk 19 sampai 50 tahun. Nah kalau saja sehari kita minum susu dua gelas itu kan kurang lebih sudah mencukupi,” tutur Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, seperti dilansir oleh situs Detik.

Atau pilihan praktis lainnya adalah membeli suplemen kalsium di apotek. Harganya juga lebih murah dibanding susu. Selain itu, Anda juga disarankan untuk berolahraga dan melakukan aktivitas fisik, bergaya hidup sehat dengan menjauhi rokok dan alkohol.

Selain itu, kalsium yang telah diasup juga harus dibantu penyerapannya ke tulang dengan berjemur di sinar matahari pagi agar memperoleh vitamin D.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda