Scroll to Top

Ubuntu 13.10 Saucy Salamander Resmi Diluncurkan

By Ditya / Published on Saturday, 19 Oct 2013
Ubuntu 13.10 Saucy Salamander
Ubuntu 13.10 Saucy Salamander

Canonical secara resmi telah meluncurkan sistem operasi Ubuntu Linux 13.10 Saucy Salamander pada 17 Oktober 2013 lalu, bersamaan dengan rilis sistem operasi Windows 8.1. Ubuntu Linux 13.10 Saucy Salamander tak hanya meluncur untuk desktop dan server saja, tapi juga smartphone.

Meski banyak yang mengatakan belum sepenuhnya stabil, Ubuntu Linux 13.10 untuk smartphone yang akrab disebut dengan Ubuntu Touch OS telah hadir dan tersedia untuk beberapa produk smartphone dan tablet, salah satunya adalah Google Nexus 4.

Sedangkan sistem operasi Ubuntu Linux 13.10 Saucy Salamander untuk desktop dan server datang dengan pelbagai aplikasi versi baru, antara lain adalah LibreOffice, Rhythmbox, dan browser Mozilla Firefox. Beberapa aplikasi yang disertakan Ubuntu Linux 13.10 Saucy Salamander juga mengusung versi yang lebih baru.

Ubuntu 13.10 Saucy Salamander
Smart Scopes

Ubuntu Linux 13.10 Saucy Salamander juga dilengkapi dengan sebuah fitur kontroversial, yakni Smart Scope yang menampilkan hasil pencarian di internet yang dilakukan oleh pengguna melalui Dash Unity dengan referensi dari Amazon, Wikipedia, Foursquare, eBay, dan banyak lagi. Canonical juga menambahkan bahwa fitur ini dapat dinonaktifkan jika tidak suka.

Sedangkan Ubuntu Linux 13.10 Saucy Salamander untuk server datang dengan peningkatan dan perbaikan kinerja virtualisasi. Fitur terbaru lainnya adalah versi baru OpenStack cloud yang memudahkan untuk membangu dan memanajemen perangkat lunak menggunakan Juju management software.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (18/10/2013), sistem operasi Ubuntu Linux 13.10 Saucy Salamander ini telah dapat di-download dan digunakan oleh pengguna melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda