Scroll to Top

Twitter Bakal Ubah Fitur DM Jadi Layanan Chatting?

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 19 Oct 2013

Twitter IPO

Twitter senter terdengar bakal siapkan aplikasi pesan instan sejenis WhatsApp. Rumor terbaru, tidak sedang mempersiapkan, namun akan mengubah salah satu fiturnya. Fitur yang dimaksud adalah DM atau Direct Message yang bakal disulap jadi sejenis layanan chatting.

Fakta yang tak bisa dibantah jika tahun ini adalah tahunnya aplikasi pesan instan. Coba tengok di Google Play. Enam dari sepuluh aplikasi populer adalah aplikasi pesan instan. Tahun lalu, mungkin hanya ada satu dua nama dominan. Tahun 2013, kompetisinya kian ketat.

Marilah sedikit berandai-andai. Jika ditelisik, tiap situs jejaring sosial miliki aplikasi pesan instan sendiri. Facebook dan Google memilikinya. Tak salah jika berandai seharusnya Twitter juga milikinya pula.

Coba kita lihat apa yang ada di Twitter. Mereka miliki fitur pesan pribadi atau DM. Namun, fitur ini seperti anak yang tidak diinginkan. Baik di aplikasi mobile dan web, DM tidak miliki tab khusus. Akses ke fitur itu harus melalui tab Me.

Lagipula, DM kerap dijadikan media berbagi spam. Fakta ini tak bisa dibantah. Bahkan, Twitter sempat harus memblokir kemampuan share URL untuk meredam masifnya lalu-lintas berbagi tautan ke DM. Tujuannya, untuk mengurangi melonjaknya angka spam dan kejahatan siber.

Jika asumsi DM bakal berevolusi jadi sejenis fitur chatting, sah-sah saja anggapa itu muncul. Layout DM dan fiturnya sendiri sejatinya sungguh pas jika diposisikan sebagai aplikasi chatting. Antar pengguna dimungkinkan saling berkirim pesan pribadi. Laiknya private chatting yang biasanya kita jumpai di ekosistem instant message.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda