Scroll to Top

Bumi Kiamat Pada 26 Agustus 2032, Prediksi Astronom

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 19 Oct 2013

Bumi Kiamat

Bumi diramal kiamat, kita kerap mendengar prediksi tersebut. Hingga hari ini, belum ada ramalan yang terbukti jitu. Terkini, para astronom dari Crimean Astrophy­sical Observatory di Ukraina menyebut jika bumi akan kiamat pada 26 Agustus 2032. Apa alasan mereka?

Dikisahkan Daily Mail, para ahli astronomi itu telah mendeteksi sebuah meteor yang miliki kekuatan setara 2.500 hulu ledak nuklir. Meteor itu cukup besar dengan diameter 400 meter. Diprediksi, meteor ini akan menghantam bumi dalam kurun waktu 19 tahun mendatang.

Belum selesai sampai di situ. Dampak yang ditimbulkan jika benturan ini terjadi, 160.934 kilometer persegi permukaan bumi akan hancur. Alhasil cukup sulit bagi bumi untuk tetap bertahan utuh pada tahun 2023. Meteor itu sendiri disinyalir salah satu dari dua asteroid berbahaya.

Asteroid yang bernama 2013 TV135 ini bilamana menghamtam bumi akan timbulkan ledakan yang setara dengan 2.500 megaton. Rudal Minute Man II AS yang membawa hulu ledak nuklir saja, sebagai perbandingan hanya miliki kekuatan kurang dari 1 megaton.

Para ilmuwan memperkirakan jika peluang bagi umat manusia untuk selamat sangatlah kecil yakni 1:63.000. Sedangkan Badan Nasional Antariksa AS atau NASA mengkategorikan jenis asteroid ini sebagai objek berbahaya. Negara lain seperti Spanyol, Italia, dan Rusia juga mengamini keberadaan 2013 TV135.

Pada tahun 2014 nanti posisi 2013 TV135 akan sangat dekat dengan bumi. Pada tahun tersebut ilmuwan akan mempelajari lebih lanjut dan mencari tahu orbit serta potensi lokasi benturan akan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda