Scroll to Top

VO2 Max Rendah Adalah Penyebab Kram Pemain Bola

By Aditya / Published on Saturday, 19 Oct 2013

kram wayne rooney MU

Seringkali kita mendengar istilah VO2 Max, terutama berkaitan dengan olahraga, termasuk sepakbola. Namun, masyarakat awam tidak mengetahui apakah sebenarnya VO2 Max itu. Yang jelas, VO2 Max sangat berhubungan dengan stamina atau daya tahan tubuh seseorang, khususnya olahragawan. Salah satu tolak ukur sebagai contohnya, VO2 Max rendah adalah penyebab kram pemain bola.

Ya, tidak jarang kita melihat para pemain sepakbola mengalami kram di lapangan, terutama saat pertengahan babak kedua hingga laga berakhir. Kondisi pemain akan semakin payah manakala pertandingan berlangsung di bawah guyuran hujan deras, atau saat laga berjalan panas atau cepat, sehingga menguras tenaga para pemain yang berpeluh keringat di lapangan.

Salah satu penyebab kram yang dialami pemain bola adalah rendahnya nilai VO2 Max atlet tersebut. VO2 Max sendiri adalah volume oksigen maksimal yang mampu diserap oleh tubuh manusia ketika melakukan kegiatan yang intensif, misalnya olahraga.

Apabila seorang pemain bola memiliki kemampuan VO2 Max yang tinggi, maka pemain tersebut dipercaya memiliki stamina yang kuat pula. Sebaliknya, jika VO2 Max seseorang ternyata rendah, maka daya tahan tubuhnya pun tidak sepenuhnya prima. Itulah sebabnya, terkadang pesepakbola mengalami kram di tengah-tengah laga karena memiliki VO2 Max yang rendah.

Contoh VO2 Max dengan nilai tinggi adalah yang dimiliki oleh para pemain Timnas Indonesia U19. Pelatih Indra Sjafri pernah mengatakan bahwa pemain yang memiliki VO2 Max paling tinggi di skuatnya adalah sang kapten, Evan Dimas.

Maka tidak heran jika Evan Dimas mampu tampil dengan stamina stabil meskipun diturunkan selama 90 menit penuh, bahkan ketika harus diadakan babak perpanjangan waktu hingga adu penalti. Begitu pula dengan para pemain Timnas Indonesia U19 lainnya yang rata-rata memiliki kualitas VO2 Max yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda