Scroll to Top

Timnas U19: Indra Sjafri Pantas Dampingi Evan Dimas Cs Hingga Ke Level Senior

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 20 Oct 2013

Kedekatan Indra Sjafri dengan para punggawa Timnas Indonesia U19, memang tidak diragukan lagi. Alhasil banyak pihak yang menyarankan agar mantan pemain PSP Padang tersebut bisa mendampingi Garuda Jaya hingga ke level senior.

Namun sebelum ke jenjang senior, tugas terdekat Indra Sjafri adalah mendampingi Evan Dimas Cs di ajang Piala Asia U19 Myanmar tahun depan.

Demi menghadapi Piala Asia 2014 di Myanmar, PSSI pun menyerahkan sepenuhnya program persiapan Timnas U-19 kepada Indra Sjafri sebagai arsitek.

Ketika dimintai konfirmasinya Sekretaris Jendral PSSI, Joko Driyono membenarkan perihal tersebut. Segala detail taktikal pemain kelak diatur oleh tim pelatih, sementara PSSI hanya membantu memenuhi kebutuhan tim.

“Posisi PSSI membantu, sukses timnas U-19 diawali perencanaan detail tim pelatih karena beban pada dasarnya akan dijalankan manajemen timnas U-19 di mana nakhodanya adalah pelatih”

“Maka itu penting untuk mendengar, bukan mengarahkan program. Itu harus datang dari pelatih” tegas Joko seperti yang dikutip Liga Indonesia.

Selanjutnya PSSI akan menunggu pogram dari tim pelatih Timnas Indonesia U19, lantas akan dibahas bersama. Lebih lanjut Jokdri menjelaskan bahwa PSSI siap berdiri di belakang program persiapan timnas U-19.

“PSSI akan mengkombinasikan, aspek teknis dengan pencapaian target. Kedua aspek itu juga akan kami kombinasikan aspek komersial” tambahnya.

Sementara itu Indra Sjafri berharap pasukannya dapat melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) jangka panjang. Keinginan itu juga sudah mendapat restu Badan Tim Nasional (BTN).

Jadi Timnas U-19 tetap difokuskan di dalam pelatnas tanpa bergabung dengan klub-klub lokal di Indonesia. Di Pelatnas inilah Timnas U-19 akan di tempat dengan uji coba- uji coba internasional.

“Kami langsung minta ke PSSI agar timnas U-19 menjalani pelatnas jangka panjang. Saya sampaikan dan disetujui oleh Ketua BTN (La Nyalla)”

“Jadi pemain-pemain ini tidak perlu masuk ke dalam klub lokal, karena kami butuh lawan yang levelnya lebih tinggi. Kami ingin para pemain ini berujicoba dengan tim yang levelnya lebih tinggi” harap Indra Sjafri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda