Scroll to Top

Ravi Murdianto, Penerus Tangguhnya Kiper Timnas Indonesia

By Raditya / Published on Monday, 21 Oct 2013

ravi murdianto timnas indonesia u19 menang

Timnas Indonesia dikenal memiliki penjaga gawang yang cukup mumpuni dari era ke era. Saat ini saja, Timnas Indonesia punya sederet pilihan untuk posisi kiper, dari Kurnia Meiga, I Made Wirawan, atau Andritany Ardhiyasa. Nah, kemunculan Ravi Murdianto yang tampil apik bersama Timnas Indonesia U19 semakin menambah panjang deretan kiper tangguh di tim Garuda.

Sebelum Ravi Murdianto dikenal publik, sudah ada Kurnia Meiga yang pada usia muda telah terbukti ketangguhannya. Tak tanggung-tanggung, posisi kiper utama Timnas Indonesia U23 dan Timnas Indonesia senior diborong oleh pengawal gawang andalan Arema Indonesia ini.

Kurnia Meiga - Timnas
Kurnia Meiga, Kiper Utama Timnas Indonesia Senior dan U23

Dari masa ke masa, Timnas Indonesia memang kerap diperkuat oleh kiper yang cukup tangguh. Sebut saja Maulwi Saelan, kiper tim Garuda di era 1950-an, yang tampil ciamik saat Indonesia menahan Uni Soviet (Rusia) di Olimpiade Melbourne 1956.

Kemudian berlanjut pada Ronny Pasla di era 1960-an. Kiper asal Medan ini pernah menangkal tendangan penalti megabintang saat itu, Pele, saat Indonesia bertemu Brasil di laga persahabatan yang berakhir dengan kemenangan tim Samba 2-1.

Nama Hermansyah menjadi kiper langganan Timnas Indonesia di era 1980 hingga awal 1990-an, Berikutnya adalah Eddy Harto yang menjadi pahlawan kemenangan Indonesia di SEA Games 1991.

Hendro Kartiko
Hendro Kartiko, Kiper Legendaris Timnas Indonesia

Selanjutnya, nama-nama tenar seperti Kurnia Sandy yang pernah merumput di Italia bersama Sampdoria, Listianto Raharjo, Hendro Kartiko, I Komang Putra, Ahmad Kurniawan, Markus Horison, Jendri Pitoy, Ferry Rotinsulu, hingga Syamsidar, Endra Prasetya, Juanda Eka Putra, dan Wahyu Tri Nugroho yang mengawal gawang timnas saat terjadi kisruh PSSI.

Wahyu Tri Nugroho
Wahyu Tri Nugroho, Kiper Timnas Indonesia Era Nil Maizar

Kini, muncullah Ravi Murdianto yang siap meneruskan jejak angkatan Kurnia Meiga, Andritany Ardhiyasa, Aji Saka, atau Shahar Ginanjar sebagai pengawal gawang Timnas Indonesia.

Karir Ravi Murdianto memang masih panjang. Saat ini ia harus fokus terlebih dulu di Timnas Indonesia U19 yang akan berlaga di putaran final AFC Cup U19 2014 dan menatap mimpi menuju Piala Dunia U20 2015 mendatang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda