Scroll to Top

Marc Marquez Didiskualifikasi pada MotoGP Phillip Island Karena Terlambat Masuk Pit

By Naqib Najah / Published on Sunday, 20 Oct 2013

Marc Marquez tinggal selangkah lagi meraih gelar juara MotoGP 2013. Sayangnya, bukan kemenangan namun justru nasib sial yang diterima Marquez di Phillip Island. Pria Spanyol ini terkena diskualifikasi karena terlambat masuk pit.

MotoGP seri Australia benar-benar menjadi drama. Happy ending diraih oleh Jorge Lorenzo, sementara sad ending didapati Marc Marquez. Sebenarnya, secara hitungan matematis, Marc sangat berpeluang mengunci gelar juara MotoGP di Phillip Island. Jika ia finish terdepan dan Lorenzo hanya finish di posisi ketiga, sudah pasti ia menjejaki sejarah Kenny Roberts yang mampu menjuarai seri kelas utama dengan status rookie.

Skenario indah itu gagal terjadi. Marc Marquez membalap terlalu ambisius. Ketika aturan balapan meminta para rider untuk mengganti motor di lap ke-10, Marquez masih menggeber gasnya. Ia baru menggantinya di lap berikutnya. Hasilnya, bendera hitam pun dikibarkan sebagai tanda Marquez tidak bisa melanjutkan balapan.

Sebagai informasi, Bridgestone sebagai pemasok ban di MotoGP telah mengutarakan kelemahan ban di seri Australia. Oleh karenanya, Race Direction pun membuat aturan dengan memangkas jumlah lap dari semula 27 menjadi 19 saja.

Aturan kedua adalah setiap pembalap wajib mengganti motor baik di lap ke-9 mau pun saat masuk lap ke-10. Pedrosa tampil dewasa dengan memilih mengganti motor lebih cepat. Di saat yang sama, Lorenzo dan Marquez masih terlibat duel sengit. Ketika masuk lap kesepuluh, Lorenzo memilih masuk ke pit stop, sedangkan Marquez masih mengeber gasnya hingga unggul satu lap dibanding Lorenzo.

Gugurnya Marquez membuat jarak dengan Lorenzo hanya terpaut 18 angka. Potensi gelar juara MotoGP 2013 pun kembali terbuka untuk kedua rider satu negara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda