Scroll to Top

Zulfiandi Penyeimbang Lini Tengah Timnas U19

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 20 Oct 2013

Performanya yang cukup baik mengawal lini tengah bersama Evan Dimas dan Muhammad Hargianto, membuat nama Zulfiandi semakin dikenal masyarakat. Lantas siapakah sebenarnya Zulfiandi?

Dalam laga menghadapi Korea Selatan, Zulfiandi menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah Timnas U-19.

Kemampuannya membaca arah bola dan mengatur irama permainan, memberikan kenyamanan kepada para pemain di lini tengah Indonesia.

“Tugas saya memang sangat berat sebagai gelandang jangkar karena harus menjadi pemain pertama yang menghalau serangan lawan dari lini tengah. Tapi itu semua saya lakukan demi negara” ungkap Zulfiandi belum lama ini.

Zulfiandi merupakan salah satu pemain yang selalu diturunkan pelatih Indra Sjafri sebagai starter di semua laga Timnas U-19 di Piala AFF 2013 dan Pra Piala Asia U-19.

Tingkat akurasi umpan gelandang 18 tahun itu pun sangat bagus, mencapai 85 persen. Zulfiandi selalu mampu memanjakan rekan setimnya seperti Muhamad Hargianto dan Evan Dimas dalam mengembangkan permainan.

Namun taukah anda jika pemain yang akrab disapa Zul ini sempat tidak bisa membeli sepatu untuk berlatih sepakbola?

Zul mengaku sempat tidak mampu membeli sepatu sepakbola karena kondisi ekonomi keluarganya yang pas-pasan.

Ayahnya Alfian hanyalah seorang supir bus lintas Sumatera, sedangkan ibunya Supini merupakan seorang ibu rumah tangga.

“Ekonomi keluarga pas-pasan, saya sempat kesulitan untuk bisa menjadi pesepakbola. Harus bantu-bantu keluarga, saya bahkan sempat tidak mampu beli sepatu sepakbola. Ayah saya saat itu kehabisan uang, sepatu yang saya pakai sudah rusak parah” kenang Zulfiandi seperti yang dilansir Viva.

“Saya kumpulkan uang jajan, rela tidak jajan di sekolah demi membeli sepatu. Saat itu uang saya hanya terkumpul Rp100 ribu. Saya diam saja, tapi ternyata ayah saya tahu kalau saya lagi kekurangan uang. Dia menambahkan Rp100 ribu lagi” pungkasnya.

Biodata Zulfiandi

  • Nama: Zulfiandi
  • Posisi: Gelandang
  • Klub: PSSB Bireun, Aceh
  • Tempat, tanggal lahir: Bireun, 17 Juli 1995
  • Pemain Favorit: Sergio Busquets
  • Ayah: Alfian
  • Ibu: Supini
  • Tinggi: 178 cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda