Scroll to Top

Wanita Tertarik dengan Pria Bersuara Rendah

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 20 Oct 2013

Charming-Man

Pria pemilik suara rendah memiliki peluang lebih besar untuk menaklukkan wanita dari sisi ketertarikan seksual.  Sehingga, pria bersuara rendah yang memiliki tujuan mencari  kencan jangka pendek lebih berpeluang berhasil mengajak wanita berselingkuh atau  menjadikannya “teman satu malam”. Demikian dikutip Daily Mail yang merujuk temuan studi di Universitas McMaster, Kanada.

Dikatakan peneliti, suara jenis bariton seperti yang dimiliki pesepakbola David Beckham memiliki kesan mengecoh. Suara mampu memberikan pengaruh bagi wanita untuk menentukan apakah orang lain pantas dijadikan kekasih jangka panjang atau teman kencan sesaat.  Sehingga, suara kemungkinan dipakai juga untuk menyeleksi pasangan yang hendak dipilih mereka.

“Bunyi suara seseorang dapat mempengaruhi bagaimana kita berpikir tentang mereka,” kata peneliti Dr Jillian O’Connor.

Pada studi ini dilibatkan 87 wanita yang diminta mendengarkan suara pria. Suara pria yang ada telah dimanipulasi sebelumnya dengan membuatnya terdengar bernada lebih tinggi atau lebih rendah. Mereka diminta memilih suara yang bisa mengecoh. Selain itu responden juga  menyeleksi suara untuk menentukan mana saja dari suara tersebut yang pantas untuk dilanjutkan dengan hubungan jangka panjang atau jangka pendek.

Hasilnya, wanita memang lebih tertarik dengan pria bersuara nada rendah. Hanya saja saat ini suara rendah kerap dijadikan rambu kewaspadaan karena kemungkinan juga pria seperti ini gemar berselingkuh. Walhasil, sebagian wanita tidak meliriknya sebagai calon pasangan jangka panjang ketika pria bersuara randa  ternyata turut memiliki tabiat buruk. Peneliti menganggap temuan ini sebagai evolusi terhadap mekanisme perlindungan diri agar tidak mudah tertipu memilih pasangan jangka panjang. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Personality and Individual Differences.

Melengkapi temuan ini, studi lain yang dipublikasikan Journal of Nonverbal Behaviour menemukan bahwa wanita dan pria punya karakter suara khas saat berbicara dengan orang yang dicintainya. Suara pria cenderung tinggi kalau bertemu dengan wanita idamannya, sementara wanita mendadak bersuara rendah berbicara dengan pria yang disukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda