Scroll to Top

Ini Sebab Junk Food Sering Bikin Ketagihan

By C Novita / Published on Sunday, 20 Oct 2013

junk food

Junk food diakui sebagai makanan yang tidak terlalu sehat dikonsumsi, namun sangat digemari oleh banyak kalangan. Apalagi untuk anak-anak, sekali mencicipi junk food, biasanya mereka akan ketagihan dan selalu minta lagi makanan tersebut.

Apa sih yang sebenarnya dikandung oleh junk food sehingga membuat ketagihan penikmatnya? Huffington Post melansir rahasianya untuk Anda berikut ini:

  • Kue/cake/pastry

Makanan semacam kue, biskuit, cake dan jenis pastry lainnya biasanya dibuat dari bahan tepung. Bahan ini mengandung jenis karbohidrat kompleks yang akan dicerna oleh tubuh menjadi gula. Sebuah study oleh University of Montreal menghasilkan kesimpulan bahwa karbohidrat, lemak dan gula akan menyebabkan otak bereaksi yang menyebabkan ketagihan alias rasa tak puas.

  • Es krim dan permen

Makanan ini biasanya memiliki warna yang mengundang selera, menyolok, cerah serta menarik bentuknya. Itulah yang menyebabkan manusia tertarik dan terdorong untuk membeli lagi dan lagi. Secara bawah sadar, manusia memang tak menyukai warna makanan yang pucat.

  • Kentang goreng dan gorengan

Rasa yang ada dalam makanan di atas adalah gurih dan asin yang nikmat. Ini karena kentang goreng dan makanan gorengan kaya garam dan lemak yang memang disukai oleh lidah. Itu yang menyebabkan ketagihan dan ingin terus memakannya. Namun efeknya, gula darah bisa melonjak tajam dan memicu berbagai jenis penyakit lainnya.

  • Gula

Berbagai jenis saus, juga minuman yang tergolong junk food biasanya manis dan mengandung banyak gula. ini pun menyebabkan manusia ketagihan untuk mengonsumsinya lagi dan lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda